VPS HOSTING
VPS HOSTING

6 Masakan Khas Jogja Yang Patut Di Coba

  • Bagikan
6 masakan khas jogja 6 Masakan Khas Jogja Yang Patut Di Coba

Jogja merupakan salah satu kota bersejarah bagi Indonesia. Dikota ini banyak peninggalan-peninggalan kebudayaan. Baik secara materi atau non materi.

Salah satu peninggalan Jogja terletak pada keunikan kulinernya. Banyak masakan tradisional yang tidak bisa dijumpai di tempat lain. Selain itu cita rasa masakan Jogja selalu memberi kesan sendiri bagi penikmatnya.

Tidak usah berlama-lama berikut ini adalah macam-macam masakan khas Jogja yang bisa kamu coba.

1. Sate Klatak

Kuliner ini jangan sampai dilewatkan saat mampir ke Jogja. Sate klatak punya keunikan lain dibanding sate lainnya.

Pertama dari bahan yang terbuat dari daging muda, kedua menggunakan besi sebagai tusukannya, dan dari bumbunya yang sederhana hanya berupa garam.

Kenapa dinamakan sate klatak karena saat dibakar sate ini mengeluarkan suara “ klatak, klatak” ini disebabkan kandungan garam di dalamnya.

2. Kopi Jos

Ingin menikmati kopi dengan cita rasa berbeda? Mungkin kamu bisa ke Jogja dan memesan kopi jos. Kopi ini biasanya dijual di angkringan-angkringan pinggir jalan.

Kopi jos memiliki keunikan pada cara penyajiannya yang dimana penjual akan memasukan arang panas pada gelas kopi. Dipercayai arang menambah cita rasa kopi.

3. Gudeg

gudeg 6 Masakan Khas Jogja Yang Patut Di Coba

Tidak perlu ditanya lagi gudeg adalah trademark kota Jogja. Gudeg adalah warisan turun-temurun yang sampai saat ini masih lestari.

Kuliner ini terbuat dari nangka muda atau gori yang dimasak dengan santan dan dimasak dengan cara direbus.

Memasak gudeg perlu waktu berjam-jam untuk mendapat cita rasa terbaik. Biasanya juga dicampur daun jati agar warnanya coklat. Gudeg disajikan dengan telur rebus, keripik, tahu dan sejenisnya.

4. Jenang

Jenang 6 Masakan Khas Jogja Yang Patut Di Coba

Seperti kebanyakan daerah Jawa, jogja juga mempunyai kuliner jenang. Jenang adalah bubur yang terbuat dari nasi, sagu dan sejenisnya. Jenang juga banyak jenisnya seperti jenang mutiara, jenang kelapa, jenang sumsum dan masih banyak lagi.

Jenang sangat cocok untuk memelihara kesehatan perut dan menambah tenaga. Mengingat jenang berbahan dasar karbohidrat.

Dari segi rasa jenang ini rasanya manis dan mengenyangkan. Kamu bisa membeli jenang ini di pasar-pasar tradisional Jogja dengan harga yang terjangkau.

5. Sate Kere

Sate Kere 6 Masakan Khas Jogja Yang Patut Di Coba

Bagi kamu yang tinggal di kawasan Jogja-Solo pasti tidak asing dengan sate ini. Sate yang sudah ada pada masa kolonial Belanda dan menjadi saksi perjuangan masyarakat solo Jogja demi kemerdekaan.

Sate Kere terbuat dari tempe gembus atau jeroan sapi lalu dibumbui seperti sate lainnya.

Kenapa disebut sate Kere ? Karena sesuai dengan artinya “ miskin, melarat, apa adanya”. Sate ini terbuat dari bahan-bahan sederhana yaitu tempe gembus atau jeroan sapi.

6. Oseng-oseng mercon

Oseng oseng mercon 6 Masakan Khas Jogja Yang Patut Di Coba

Makanan khas Jogja yang memanjakan para penggila pedas. Oseng-oseng mercon sering disantap masyarakat Jogja sebagai teman begadang.

Oseng-oseng mercon dimasak dari bahan daging, kikil, dan tulang sapi dan dibumbui dengan sambel ekstra pedas.

Sensasi setelah memakannya luar biasa mata jadi tidak ngantuk, tubuh berkeringat. Sesuai dengan namanya oseng-oseng mercon.

Soal rasa masakan ini dominan pedas dan hangat. Mengingat banyaknya bumbu sambal dan mericanya.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *