VPS HOSTING
VPS HOSTING

7 Cara Membangun Rasa Percaya Diri Biar Gak Minder Lagi

  • Bagikan
Percaya Diri 7 Cara Membangun Rasa Percaya Diri Biar Gak Minder Lagi
Freepik

Rasa-rasanya, setiap orang pasti pernah bergumul dengan rasa minder. Hal wajar tersebut memang alami bagi setiap orang terutama untuk mu yang sedang membaca artikel ini.

Adanya rasa minder, sebagian akan berusaha mengatasi rasa mindernya. Sebagian lagi berusaha kabur dari situasi yang ada.

Teruntuk kamu yang ingin jadi lebih percaya diri biar gak minder lagi, semoga beberapa cara ini bisa membantu kamu dalam mengatasi perasaan tersebut.

1. Apresiasi Keberhasilanmu

Tulis, evaluasi, dan bersyukurlah atas setiap pencapaianmu. Sekecil apapun itu. Misalnya: hari ini kamu sudah berani menjawab pertanyaan di kelas.

Dengan menuliskan dan mengapresiasi keberhasilanmu, akan ada rasa bangga yang timbul karena kamu tau seberapa jauh kamu sudah berkembang.

2. Belajar Komunikasi Yang Baik dan Perhatikan Gestur Tubuh

Coba pelajari bagaimana seni berkomunikasi yang baik. Jangan lupa perhatikan gestur tubuhmu ketika berbicara: sikap badan tegap, kepala tegak, mata menatap lawan bicara, dan senyum.

3. Cari Tau Apa Yang Membuatmu Tidak Percaya Diri

Apa sih kekurangan atau kelemahan yang bikin kamu minder? Lalu, belajarlah dengan kekuranganmu. Perbaiki yang bisa diperbaiki. Jangan lupa juga untuk mengasah kelebihanmu.

4. Jangan Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Kalau membandingkan diri dengan orang lain hanya membuatmu jadi rendah diri, lantas untuk apa kamu lakukan?

Ingat, setiap orang punya jalannya masing-masing. Dan punya caranya masing-masing. Kamu, ya kamu. Dia, ya dia. Kamu tak perlu jadi sama seperti dia. Just be yourself!

5. Lakukan Afirmasi Diri Positif

Jangan biarkan penilaian orang lain menjatuhkan dan menghentikan langkahmu. Bersikaplah baik pada dirimu sendiri. Ingatlah bahwa gagal itu wajar dan tidak perlu mengejar kesempurnaan.

Melakukan afirmasi positif akan membantumu membentuk pola pikir yang positif.

6. Rawat Penampilanmu

lakukan self-care. Jaga badan supaya bersih, pakai baju yang membuatmu nyaman, olahraga, terapkan pola hidup yang sehat juga.

7. Support System

Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang mendukungmu. Bukan cuma dengan mereka yang memuji kamu saja. Tapi, juga dengan mereka yang bisa “menantang” kamu secara positif untuk terus bertumbuh.

“Percaya diri bukanlah: Aku berharap mereka akan menyukaiku. Tapi, percaya diri adalah: Aku akan baik-baik saja meskipun mereka tidak menyukaiku.”– Christina Grimmie

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *