Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Usia 30

  • Bagikan
Usia 30 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Usia 30

Setiap memasuki dekade baru, seorang merasa seperti terlahir kembali. Paling utama ketika kalian sudah memasuki usia 20 an, 30 an, 40 an, serta seterusnya. Dekade baru merupakan milestone ataupun loncatan buat menuju hidup baru serta momentum buat berubah jadi lebih baik.

Kalian yang saat ini ada di usia 20 an tentu lagi sibuk merancang masa depan, mencari kebahagiaan, apalagi mencari jati diri. Terdapat banyak hal yang ingin kalian capai serta jalani saat sebelum memasuki usia 30.

Nah, untuk itu ada beberapa hal yang tidak boleh kalian lewatkan sebelum memasuki usia 30 tahun, Apa saja itu? Yuk simak, hal yang perlu kamu lakukan tersebut diantaranya:

Baca juga:  8 Motivasi Orang Untuk Datang Ke Kantor

Traveling Sendirian

Berlibur bersama teman-teman tentu sudah biasa. Tapi kalau traveling sendirian? Tentu punya sisi lain yang tak kalah menyenangkan. Kamu nggak perlu repot-repot berkompromi, karena kamu bisa memilih semuanya sendiri.

Kamu bebas mau melangkahkan kakimu ke mana, makan apa, dan menginap dimana. Hasilnya, kamu akan benar-benar menikmati perjalananmu dan kamu juga akan lebih mengenal dirimu sendiri.

Membangun Bisnis

Sebelum kamu menikah dan punya tanggungan (kalau kamu memang berencana menikah) cobalah berbisnis terlebih dahulu menggunakan modal dari tabunganmu. Jadi kalau rugi, keluargamu tak akan terdampak. Tapi kalau berhasil, keluargamu juga yang akan senang.

Membuka usaha di usia muda dijamin memberimu banyak pelajaran berharga. Kamu akan tahu rasanya gagal dan tau rasanya berhasil. Kamu juga bisa belajar lebih cepat beradaptasi.

Baca juga:  Mendisiplinkan Diri, Mengikuti Jejak Seorang Seniman

Bikin Karya

Kamu suka menulis, menggambar, atau mendesain? Kamu suka nge-vlog atau mengedit video?

Cobalah menuangkan hobimu dan kemampuanmu ke dalam sebuah karya. Siapa tahu, kamu malah bisa bekerja dan menghasilkan uang dari hobi yang kamu tekuni.

Mandiri

Dalam menghadapi hidup yang menantang ini, kita tentu perlu belajar menjadi sosok yang mandiri. Namun, bukan berarti kita nggak lagi membutuhkan orang lain, entah itu teman atau bahkan orang tua.

Mandiri di sini adalah ketika kita bisa tidak lagi bergantung pada siapa-siapa. Ketika sudah lulus sekolah, kita bisa mencari nafkah sendiri. Ketika nggak ada ibu yang membuatkan makanan, kita bisa membuatnya sendiri.

Baca juga:  Apa Itu Mengeluh? Cara Menghadapi Orang Yang Suka Mengeluh

Berinvestasi

Saham, emas, atau reksadana? Belajarlah berinvestasi sebelum kamu menginjak usia 30 tahun.

Percayalah, di masa sekarang, menabung saja tak akan lagi cukup. Dengan belajar berinvestasi, kamu justru pelan-pelan akan bisa mengumpulkan dana yang akan berguna buatmu kelak di masa depan.

Mengejar Pekerjaan Impian

Kamu punya profesi impian? Kejarlah sampai dapat sebelum kamu usia 30 tahun dan rintislah kariermu dengan bijak. Mudah-mudahan, kamu bisa mengecap manis hasilnya di masa depan. Semangat!

  • Bagikan