VPS HOSTING
VPS HOSTING

Arti Bersyukur: Cara, Manfaat Serta Dampak Yang Muncul Saat Kita Bersyukur

  • Bagikan
Bersyukur Arti Bersyukur: Cara, Manfaat Serta Dampak Yang Muncul Saat Kita Bersyukur

Bersyukur memang banyak versinya, bahkan kita punya gaya masing-masing dalam mengungkapkan rasa syukur kita.

Ada perasaan bahagia ketika kita mengucapkan rasa syukur atas peristiwa yang terjadi pada diri kita. Tapi, sebenarnya tidak hanya rasa bahagia saja yang muncul saat kita bersyukur. Lalu, dampak lain apa yang bisa muncul saat kita bersyukur?

Yuk simak artikel berikut ini! Ada juga tips mengenai cara bersyukur mulai dari yang paling sederhana. Happy reading!

Apa itu Bersyukur?

Bersyukur adalah cara termudah untuk membuat kita merasa lebih baik. Bersyukur dapat dilakukan dengan berterima kasih atas apa yang telah kita terima. Dengan begitu, kita menyadari kebaikan yang terjadi dalam hidup kita.

Dalam penelitian psikologi positif, bersyukur dihubungkan dengan meningkatnya perasaan bahagia. Dengan bersyukur kita akan lebih terbantu untuk:

  • Meningkatkan emosi positif dan mengurangi emosi negatif
  • Menikmati setiap pengalaman atau lebih mindful
  • Mampu menghadapi kesulitan
  • Meminimalisir kegiatan merenung yang bisa jadi ciri dari depresi
  • Meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis
  • Membangun relasi yang kuat dengan sesama

Yuk kita mulai kegiatan bersyukur melalui cara sederhana berikut ini:

Ucapkan rasa terima kasihmu setiap minggu

Ungkapan apresiasimu bisa dengan mengucapkan terimakasih atau membelikan jajanan kepada teman yang sudah membantumu. Dengan begitu, tidak hanya mereka yang merasa bahagia, kamu juga merasakan peningkatan suasana hati yang bahagia.

Menuliskan gratitude journal setiap hari

Tuliskan 3 hal yang kamu syukuri dihari itu dan jadikan itu sebagai kebiasaanmu. Kamu bisa memulainya dari hal sederhana seperti cuaca yang cerah, makanan yang enak, ataupun perbincangan yang menyenangkan di hari itu.

Bahkan, menurut penelitian, menulis gratitude journal sebelum tidur bisa membantumu untuk tidur lebih nyenyak.

Membuat ritual dalam bersyukur

Temukan ritual untuk mengucapkan rasa syukur versi dirimu sendiri. Misalnya pada saat makan malam bersama ataupun ketika beranjak tidur. Saat kamu menjadikan ungkapan rasa syukur sebagai kebiasaan harian, kamu telah melatih pikiranmu untuk terus mencari hal-hal yang bisa kamu syukuri setiap hari.

Membuat gratitude jar

Tuliskan secara harian hal-hal yang membuatmu merasa bersyukur, kemudian masukan tulisan tersebut kedalam toples. Kamu bisa melakukan nya secara pribadi ataupun bersama dengan keluargamu. Buka toples tersebut pada momen tertentu, misalnya pada akhir tahun atau ketika kamu sedang murung.

Membuat gratitude calendar

Selain gratitude journal kamu juga bisa membuat gratitude calendar dengan menuliskan hal yang kamu syukuri pada setiap tanggal di kalender mu. Di akhir bulan, kamu bisa melihat kembali hal-hal yang kamu syukuri selama sebulan terakhir.

Gunakan media sosial untuk berbagi rasa syukur

Dengan mengucapkan satu hal yang kamu syukuri melalui media sosialmu, kamu bisa menarik vibes positif dari orang-orang di lingkunganmu sehingga mereka pun tertarik untuk ikut serta dalam mengekspresikan rasa syukurnya.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *