3 Tempat Wisata Makassar Instagramable

  • Bagikan
Pantai Losari 3 Tempat Wisata Makassar Instagramable

Selain terkenal akan wisata kuliner Coto nya, Kota Makassar juga memiliki banyak tempat wisata yang Instagramable loh, mulai dari pemandangan alam yang membentang megah maupun bangunan bersejarah.

Nah, berikut beberapa review tempat wisata Makassar Instagramable yang bisa kamu jadikan referensi saat berlibur di kota ini, baik sendiri, bersama teman maupun keluarga. Simak selengkapnya, ya!

1. BENTENG FORT ROTTERDAM

Fort Rotterdam 3 Tempat Wisata Makassar Instagramable

Benteng Fort Rotterdam yang juga dikenal dengan “Fort Rotterdam“ dan “Benteng Ujung Pandang“ merupakan benteng peninggalan Kerajaan Goa-Tallo. Letak benteng ini berada di pesisir barat Kota Makassar.

Dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Goa ke-9 I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung, benteng ini berbentuk seperti penyu yang hendak menuju ke laut.

Baca juga:  Pantai Batu karas, Tempat Terbaik Untuk Berselancar

Hal ini sesuai dengan filosofi Kerajaan Goa dengan penyu yang dapat hidup di laut dan di darat, begitu pula dengan Kerajaan Goa yang dapat berjaya di darat maupun di laut.

Sewaktu Belanda menempati benteng ini, Cornelis Speelman mengganti nama benteng ini menjadi Fort Rotterdam dan digunakan sebagai pusat penampungan rempah-rempah.

Fort Rotterdam sekarang terdaftar sebagai bangunan bersejarah sejak 23 Mei 1940.

Salah satu kegiatan berkesenian yang dilakukan di Benteng Fort Rotterdam dapat disaksikan melalui video berikut:

2. MASJID TERAPUNG

Masjid Amirul Mukminin merupakan Masjid Apung pertama di Indonesia yang berada di Kawasan Pantai Losari.

Sebagai destinasi wisata religi, desain masjid ini mengusung tradisi Kota Makassar dengan bentuknya yang menyerupai rumah panggung tradisional Makassar serta Bugis.

Baca juga:  4 Tips Anti Mati Gaya Saat Jalan-Jalan Ke Museum

Masjid yang mampu  menampung 500 jemaah ini melambangkan makna keislaman, kebesaran, serta kebanggaan masyarakat Kota Makassar.

Masjid terapung 3 Tempat Wisata Makassar Instagramable

3. PANTAI LOSARI

Pantai Losari menjadi favorit warga Makassar untuk menghabiskan waktu dengan pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.

Pantai ini terletak di sebelah barat Kota Makassar dan memiliki warung yang berjejer panjang menjual kuliner laut serta ikan bakar.

Salah satu makanan yang populer dijajakan di warung-warung tersebut adalah Pisang Epe (pisang mentah bakar pipih dengan air gula merah).

  • Bagikan