VPS HOSTING
VPS HOSTING

5 Tanda Kamu Terlalu Khawatir Akan Apa Yang Orang Lain Pikirkan

  • Bagikan
5 Tanda Kamu Terlalu Khawatir Akan Apa Yang Orang Lain Pikirkan 5 Tanda Kamu Terlalu Khawatir Akan Apa Yang Orang Lain Pikirkan

Memiliki keinginan untuk disukai dan mendapat pengakuan orang lain itu manusiawi. Akan tetapi ketika semua tindakanmu cuma bertujuan untuk mendapatkan validasi dari luar, hidupmu akan jadi sangat tidak sehat.

Ingat, tak peduli seberapa keras pun kamu berusaha. Kamu tak akan bisa membuat semua orang menyukaimu. Nah, berikut ini lima tanda kalau kamu terlalu khawatir akan apa yang orang lain pikirkan:

1. Kamu selalu melakukan sesuatu yang tidak ingin kamu lakukan

Kamu selalu melakukan apa yang diminta orang lain, meskipun sebenarnya kamu tidak suka. Kenapa? karena kamu takut dianggap jahat kalau menolak. Tapi akhirnya, kamu jadi kesal sendiri.

2. Kamu menganalisis diri sendiri secara berlebihan

Kamu selalu mengkritik dirimu sendiri dengan keras. Kamu khawatir kalau sampai ada orang lain yang menyadari kesalahan yang kamu lakukan. Kamu juga takut jika orang tau kalau kamu tidak memenuhi ekspektasi mereka.

3. Kamu terlalu khawatir tentang apa yang akan kamu katakan

Sebenarnya, berpikir dahulu sebelum mengucapkan sesuatu itu baik. Tapi sekalipun kamu sudah mempertimbangkan apa yang mau kamu ucapkan, kamu tetap saja tidak berani mengatakannya.

Kenapa? karena kamu takut orang lain akan kecewa dan tidak suka padamu, jika kamu menyampaikan pendapatmu yang sebenarnya.

4. Kamu merasa tidak nyaman untuk meminta bantuan

Kamu selalu bersedia membantu orang lain. Tapi, kamu selalu ragu untuk meminta bantuan. Kenapa? Mungkin karena kamu takut orang lain menganggap kamu merepotkan mereka atau kamu khawatir dianggap lemah.

5. Kamu tidak bisa menerima kritik dengan baik

Kamu sebenarnya tahu bahwa kritik juga dibutuhkan supaya kamu bisa bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Tapi, kamu tetap tidak bisa menerimanya dengan lapang dada.

Karena kamu menganggap bahwa kritik itu adalah bukti bahwa kamu tidak cukup baik dimata orang lain.

Punya keinginan untuk disukai dan mendapat pengakuan orang lain itu sebenarnya manusiawi. Tapi ketika semua tindakanmu cuma bertujuan untuk mendapatkan validasi dari luar, hidupmu akan jadi sangat tidak sehat.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *