5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Sikap Bodo Amat

  • Bagikan
5 alasan bersikap bodo amat 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Sikap Bodo Amat

Banyak pesan kehidupan yang menyatakan bahwa kita harus bisa menghargai satu sama lain. Sebagai makhluk paling berakal dan punya hati, manusia pun “dituntut” untuk saling membantu.

Namun, seringkali kita merasa hal itu justru menyebalkan saat sudah kelewat batas. Contoh gampangnya adalah kita tidak bisa menghindari komentar orang-orang terhadap apa yang kita lakukan. Ya, mungkin komentar itu bisa jadi bantuan supaya kita bisa jadi lebih baik.

Akan tetapi kebiasaan ini bak pisau bermata dua, salah menangkap bisa bikin kita jadi stress. Makanya, sejatinya kita juga perlu punya sikap bodo amat. Bukan karena egois, tapi ada alasan yang lebih logis untuk ini. Dan berikut 5 alasan mengapa kamu perlu memiliki sikap bodo amat:

1. Bentuk ketegasan diri

Kalau kita terlalu sering mendengarkan komentar dan saran orang kemudian melakukan semuanya, menunjukkan bahwa kita ini mudah disetir. Kita harus tegas pada diri sendiri soal mana yang baik dan buruk pengaruhnya buat hidup.

Jika orang lain tahu batasan itu, tentu mereka akan segan dan tidak memaksa kita melakukan saran yang diberikannya. Disisi lain, kita juga jadi lebih tenang menyelesaikan masalah sendiri.

2. Kita akan lebih nyaman menjalani hidup

Karena saat bersikap bodo amat, otak akan menyeleksi mana pesan yang baik dan buruk buat diri kita. Ketika sudah menemukannya, kita akan lebih mudah menjalaninya. Kita tidak fokus memikirkan pendapat orang lain sehingga tidak merasa tertekan atau insecure. Kembali lagi konteksnya memilah pendapat.

3. Kita yang paling bertanggung jawab atas kehidupan sendiri

Masing-masing dari kita pasti sudah punya agenda hidup sendiri. Kita merancang perjalanan hidup sejak kecil, menentukan cita-cita, sampai mempersiapkan kehidupan di masa tua. Dalam prosesnya pasti akan ada banyak campur tangan dari orang lain.

Tapi perlu diingat, yang paling bertanggung jawab dalam kehidupan ini adalah diri kita sendiri. Dengan bersikap bodo amat, kita akan lebih fokus menjalani kehidupan yang sudah dirancang sebelumnya.

4. Mencegah kita membuang-buang energi

Berusaha mengikuti standar orang lain itu sungguh melelahkan kan? Secara tidak sadar kita melakukan hal yang tidak disukai, hingga membuat tubuh lemas dan sakit-sakitan. Maka, bersikap bodo amat akan mencegah kita mengalami hal tersebut.

Kita jadi bisa menyimpan energi lebih banyak untuk membuat diri lebih bahagia sebagaimana standar yang sudah ditetapkan.

5. Selamat dari jerat drama kehidupan orang lain

Tidak jarang saat kita mengikuti saran orang lain untuk menyelesaikan masalah pribadi, bukannya permasalahan itu selesai malah menambah masalah lain. Jadinya drama berketerusan yang bikin diri ini lelah.

Makanya, sikap bodo amat sebenarnya jadi solusi paling tepat jika sudah terlalu banyak orang yang campur tangan menyelesaikan masalah kita. Bodo amat di sini konteksnya adalah kita memilah mana saran yang benar-benar tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bukan serta merta menolak masukan dan saran tersebut.

Kesimpulan

Ada banyak keuntungan bila kita bersikap bodo amat. Tapi, tentu saja jangan sampai berlebihan ya! Terlalu ‘bodo amat’ akan membuat kita jadi anti sosial sehingga orang lain tidak tertarik untuk bergaul.

Gunakan sikap bodo amat ini jika memang komentar orang-orang sudah sangat mengganggu.

  • Bagikan