Beberapa Keutamaan di Bulan Ramadhan Penuh Berkah

  • Bagikan
bulan ramadhan Beberapa Keutamaan di Bulan Ramadhan Penuh Berkah

Bulan ramadhan sekarang sudah tiba. Bulan yang penuh dengan kemuliaan serta keberkahan di dalamnya. Hampir semua umat islam berlomba – lomba mengerjakan amal kebaikan dibulan yang penuh dengan kemuliaan ini. 

Momentum bulan ramadhan ini masih bisa kita rasakan sekarang, karena rahmat dari Allah SWT kita semua masih bisa bertemu lagi dengan bulan ramadhan. Bulan ini juga kita sebagai seorang muslim diwajibkan untuk menjalankan salah satu rukun islam yaitu berpuasa di bulan ramadhan. 

Bukan hanya berpuasa saja, ada pula ibadah sunnah di bulan penuh berkah ini seperti ibadah sholat sunnah tarawih yang biasa kita kerjakan setelah sholat isya. Mengaji bersama atau tadarus quran pun kita lakukan saat bulan ramadhan ini. tujuannya agar selama bulan penuh berkah ini kita diberikan ganjaran pahala yang berlipat – lipat sebagaimana yang sudah dijanjikan oleh Allah SWT.

Ternyata di bulan ramadhan ini Allah SWT sudah menyiapkan beberapa keutamaan di setiap malamnya. Berikut ini akan dijabarkan tentang 10 keutamaan bulan ramadhan:

Bulan Ramadhan Kitab Suci Alquran diturunkan 

Keutamaan yang pertama dari 10 keutamaan bulan ramadhan adalah bulan ini menjadi salah satu bulan yang sangat mulia karena kitab suci Al – Quran diturunkan langsung kepada Nabi Muhammad SAW. Bulan ramadhan juga dikenal dengan sebutan syahrul quran atau bulannya Al – Quran. 

Bulan diturunkannya Al – Quran ini sudah dijelaskan dalam surah Al – Baqarah ayat 185 yang artinya sebagai berikut: 

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al – Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan – penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara mereka yang menyaksikan (berada) di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa) maka wajib menggantinya sebanyak hari yang ditinggalkan itu, pada hari – hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk – Nya yang diberikan  kepadamu agar kamu sekalian bersyukur.” 

Baca juga:  Penyebab Batal Puasa yang Masih Diperdebatkan, Salah Satunya Menggunakan Lipstik

Surga Terbuka dan Neraka Ditutup

Allah SWT telah berjanji akan menutup pintu neraka ketika bulan ramadhan tiba. Dan begitu pula pintu surga, Allah SWT membuka pintu tersebut bagi siapa saja yang ingin memasukinya. Hal ini selaras dengan hadist dari Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari tentang keutmaan dari bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh keberkahan. 

“Apabila datang bulan Ramadhan maka semua pintu – pintu surge pun dibuka, pintu – pintu neraka pun ditutup dan setan – setan juga dibelenggu.” Hadist Riwayat Bukhari. 

Bulan Ramadhan adalah Bulan Pengampunannya Dosa – Dosa 

Saat bulan ramadhan tiba saatnya yang paling tepat untuk meminta ampunan dari Allah SWT atas segala macam dosa – dosa yang telah diperbuat. Salah satu dari 10 keutamaan di bulan ramadhan ini adalah pengampunan dosa – dosa yang telah dilakukan oleh manusia. 

Sebagaimana sesuai dengan sabda dari Nabi Muhammad SAW yang artinya sebagai berikut: 

“Shalat lima waktu, jumat ke jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa – dosa antara masa – masa itu selama dosa – dosa besar dijauhi.” Hadist Riwayat Muslim. 

Baca juga:  Inilah Do'a-Do'a yang Menyertai Gerakan Wudhu

Dan juga saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan juga bisa menghapuskan dosa – dosa yang pernah kita lakukan. Hal ini sesuai dengan hadist dari Nabi SAW sebagai berikut:

“Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah SWT maka diampuni segala dosa – dosa yang telah berlalu.” Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim.

Bulan Ramadhan adalah bagian dari rukun islam 

Selanjutnya salah satu dari 10 keutamaan bulan ramadhan ini adalah rukun keempat dari rukun islam sebagaimana yang sudah tertuliskan di dalam ayat Al – Quran surah Al – Baqarah ayat 185 yang artinya sebagai berikut: 

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al – Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan – penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda antara yang benar dan yang bathil. Karena itu, barang siapa diantara mereka yang menyaksikan berada di bulan itu, maka berpuasalah”. 

Di dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang sudah diriwayatkan oleh Ibnu Umar sebagai berikut: 

“Islam dibangun atas lima rukun, Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang patut disembah selain Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan berhaji ke baitullah.” Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim 

Lailatul Qadr atau Malam Seribu Bulan dalam Bulan Ramadhan 

Salah satu dari 10 keutamaan bulan ramadhan selanjutnya adalah datangnya malam seribu bulan yang biasanya disebut dengan Malam Lailatul Qadr. Malam Lailatul Qadr ini adalah malam yang penuh dengan kemuliaan dan penuh juga dengan keberkahan. 

Baca juga:  Kunci Rezeki Itu Tawakal Pada Allah

Hal ini sesuai dengan firman Allah di di dalam surah Al – Qodar ayat 1 dan 3: 

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya Al – Quran pada malam Lailatul Qodr (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan ini lebih baik dari seribu bulan”. 

Puasa di bulan Ramadhan memiliki pahala senilai dengan puasa selama 10 bulan 

Salah satu dari 10 keutamaan bulan ramadhan adalah ketika kita berpuasa dibulan ramadhan maka mendapatkan ganjaran pahala seperti berpuasa selama 10 bulan. Hal ini sesuai dengan hadist dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Ayub Al – Anshary yang artinya sebagai berikut : 

“Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa enam hari di bulan syawwal maka hal itu sama seperti puasa selama setahu.” Hadist Riwayat Muslim.

Selain itu ada juga beberapa hadist Nabi SAW yang lainnya diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang artinya sebagai berikut: 

“Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan maka satu bulan sama seperti sepuluh bulan. Dan barang siapa yang berpuasa setelahnya, berpuasa sealam enam hari sesudah Id (Syawwal) itu sama nilainya dengan dengan puasa satu tahun penuh.” Hadist Riwayat Ahmad.

Nah diatas adalah 10 keutamaan bulan ramadhan yang bisa kita jadikan semangat untuk menyambut dan menjalankan ibadah di bulan ramadhan. Kita juga bisa mengajarkan kepada keluarga dan anak – anak kita tentang 10 keutamaan bulan ramadhan. 

  • Bagikan