7 Tanda Kamu Terlalu Keras Pada Dirimu Sendiri

  • Bagikan
7 Tanda Kamu Terlalu Keras Pada Dirimu Sendiri 7 Tanda Kamu Terlalu Keras Pada Dirimu Sendiri
Freepik

Hidup itu memang keras. Terkadang bersikap keras pada diri sendiri memang perlu. Tapi kalau sampai terus-menerus bersikap terlalu keras, tentu saja tidak baik untuk dirimu sendiri.

Apa saja sih tanda kalau kamu terlalu keras pada dirimu sendiri? Yuk simak langsung saja berikut ini beberapa tandanya yang dikutip dari @personalitydoc.

1. Terlalu Sering Mengkritik Dirimu Sendiri

“Kamu itu kurang begini! Terus kurang begitu juga!”

Seberapa sering kamu mengucapkan kalimat seperti ini pada dirimu sendiri? Terus-terusan mengkritik diri sendiri hanya akan membuatmu jadi tidak percaya diri.

Bukankah kamu akan mengucapkan kalimat yang mendukung kepada teman baikmu? Lantas, kenapa kamu tidak mendukung dirimu sendiri juga?

Baca juga:  5 Sifat Cewek Polos Yang Disukai Banyak Cowok, Salah Satunya Tidak Banyak Menuntut

2. Terus Menyalahkan Dirimu Sendiri Untuk Hal Di Luar Kendalimu

Ketika sesuatu terjadi tidak sesuai dengan ekspektasi, kamu cenderung langsung menyalahkan dirimu sendiri. Reaksi yang wajar.

Tetapi sadarlah bahwa terus menyalahkan dirimu sendiri untuk hal yang ada diluar kendalimu, tidak akan mengubah apapun. Lebih baik, fokuslah pada apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat situasi lebih baik.

3. Sulit Menerima Pujian Dari Orang Lain

Alih-alih merasa senang dan berterima kasih, kamu malah merasa tidak pantas mendapatkan pujian.

Mungkin ini karena kamu terlalu berfokus pada kekuranganmu. Padahal apa yang menurutmu itu kekurangan, bisa jadi orang lain melihatnya sebagai suatu daya tarik tersendiri.

Baca juga:  9 Perasaan Misterius Yang Kamu Rasakan, Tapi Sulit kamu Jelaskan

4. Terus Mengingat Kesalahan Masa Lalu

Kamu terus hidup terjebak di masa lalu. Sadarilah bahwa kegagalan, mengecewakan dan dikecewakan, menyakiti dan disakiti adalah bagian dari menjadi seorang manusia.

Maafkanlah. Ingat, hatimu layak mendapatkan kedamaian.

5. Hanya Berfokus Pada Apa Yang Belum Kamu Capai

Memacu diri untuk mencapai target-target yang belum tercapai itu baik. Tapi, jangan lupa memberikan apresiasi pada dirimu sendiri. Berikanlah waktu untuk merayakan dan menikmati hasil perjuanganmu selama ini.

6. Merasa Harus Mengerjakan Semuanya Sendiri

Kamu tidak mau meminta bantuan. Padahal, kamu tahu bahwa kamu sudah tidak mampu. Pahamilah kapasitas dirimu sendiri. Meminta bantuan bukan berarti kamu itu lemah karena setiap orang pasti punya keterbatasannya masing-masing.

Baca juga:  Ruminasi: Penyebab, Gejala dan Cara Mengurangi

7. Jarang Sekali Memberikan Dirimu Waktu Untuk Istirahat

Kamu terus memaksakan dirimu untuk bekerja. Padahal, kamu sebenarnya sudah lelah secara fisik dan mental.

Memaksakan diri yang sudah kepayahan tidak akan membuatmu produktif. Lebih baik berikan dirimu waktu yang cukup untuk rehat sejenak, untuk mengisi energimu kembali.

  • Bagikan