Apa Keutamaan Memiliki Anak Yang Sholih atau Sholihah

  • Bagikan
Apa Keutamaan Memiliki Anak Yang Sholih atau Sholihah Apa Keutamaan Memiliki Anak Yang Sholih atau Sholihah

Memiliki keturunan yang sholih atau sholihah adalah harapan untuk semua orang yang telah menikah. Karena anak sholih atau sholihah adalah salah satu penyebab bagi orang tua untuk mendapatkan kebaikan, walau orang tua telah tiada.

Berikut hadist hadist yang membahas keutamaan tersebut :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَه

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau doa anak yang shalih.” (HR. Muslim no. 1631).

Manfaat yang orang tua peroleh bisa pula dari amalan anak. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ مِنْ أَطْيَبِ مَا أَكَلَ الرَّجُلُ مِنْ كَسْبِهِ وَوَلَدُهُ مِنْ كَسْبِهِ

“Sesungguhnya yang paling baik dari makanan seseorang adalah hasil jerih payahnya sendiri. Dan anak merupakan hasil jerih payah orang tua.” (HR. Abu Daud no. 3528, An-Nasa’i dalam Al-Kubra 4: 4, 6043, Tirmidzi no. 1358, dan Ibnu Majah no. 2290. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Semoga tulisan ini dapat menjadi motivasi kita mendidik anak serta keturunan kita menjadi Qurrota A’yun. Aamiin

  • Bagikan