5 Fakta Line Distribution Grup KPop yang Sering di Protes Fans

  • Bagikan
5 Fakta Line Distribution Grup KPop yang Sering di Protes Fans 5 Fakta Line Distribution Grup KPop yang Sering di Protes Fans

Setiap grup Kpop comeback dengan lagu terbaru tidak jarang para fans melakukan protes karena menganggap pembagian lain distribution atau distribusi suara yang tidak adil. Kebanyakan penggemar menilai bahwa main vocalist dan juga main rapper harusnya mendapatkan parfocal dan nge-rap yang terbanyak dibandingkan bagian yang lainnya, tetapi nih yang mereka dapatkan malahan kesan tumpang tindih distribusi suara.

Hal itu akhirnya membuat para fans menganggap bahwa agency tidak adil pada bias mereka, padahal pembagian distribusi suara tidak sesimpel itu bagi penulis lagu para komposer lagu punya cara tersendiri untuk membagi bagian lagu. Hmm!! lalu seperti apa ya pembagiannya? Nah kamu simak langsung saja ya 6 fakta line distribution group KPop yang sering diprotes oleh fans.

1. Posisi Member

Cuplikan layar dari 2021 05 18 10 30 10 5 Fakta Line Distribution Grup KPop yang Sering di Protes Fans

Dalam tradisi KPop setiap member dalam grup memiliki posisi dan tugasnya masing-masing yang kita ketahui sejak awal, misalnya nih ada main vocalist, sub vocalist, main rapper dan sub-rapper. Mereka yang sejak awal dianggap memiliki kemampuan bernyanyi paling menonjol akan didapuk sebagai penyanyi utama, demikian juga rapper yang paling khas dan juga lincah biasanya akan berposisi sebagai rapper utama dan saat bernyanyi mereka biasanya paling sering mendapatkan bagian terbanyak atau part yang tersulit. Setidaknya itu yang dipahami oleh Kpopers dan juga para fans.

Nah untuk menentukan posisi member akan mendapatkan peran apa dalam grup salah satu prosesnya bisa melihat dalam ajang Survival Produce 48, di setiap evaluasi kontestan akan dibagi ke dalam sejumlah tim. Mereka kemudian menentukan posisi member dengan mempertimbangkan keterampilan masing-masing para kontestan, contohnya nih dari dua tim yang menyanyikan lagu Love Whisper milik Gfriend di salah satu evaluasi Produce 48 akhirnya nih Yabuki Nako ditunjuk sebagai vokalis utama di tim mereka masing-masing karena dinilai mampu menjangkau nada tinggi di lagu tersebut.

Baca juga:  Kena Ciduk! Inilah 6 Skandal Percintaan Tapi Konyol Bagi Idol KPop

2. Karakter Suara Member

Cuplikan layar dari 2021 05 18 10 30 45 5 Fakta Line Distribution Grup KPop yang Sering di Protes Fans

Cosmic Mixsound atau Kim Kihyun dan mantan member girl group Rania yakni Cosmic girls atau I.O.I adalah dua penulis lagu Kpop, mereka bekerja dengan Idol Kpopuler seperti Mamamoo dan juga Oneus. Nah keduanya mengungkap fakta tentang bagaimana distribusi suara diputuskan, menurutnya nih saat penulis membuat lagu mereka membuat sketsa atau rancangan distribusi suara. Bagian-bagian dalam lagu kemudian dialokasikan berdasarkan sketsa ini tergantung siapa yang paling dianggap cocok untuk menyanyikannya, jadi nih penulis lagu akan fokus untuk memastikan setiap baris diberikan kepada vokalis atau rapper yang paling cocok membawakannya.

Jika sebuah lagu memiliki banyak nada tinggi kemungkinan bagian tersebut akan diberikan kepada vokalis ataupun rapper dengan jangkauan dan keterampilan tertinggi  yang lazimnya nih merupakan vokalis utama, di red velvet misalnya Wendy yang vokalis utama menyanyikan sebagian besar nada tinggi. Namun di lain waktu sebuah lagu mungkin lebih cocok dengan left vokalis atau bahkan sub-vocalist, dalam lagu Jepang Red Velvet yakni Sayonara misalnya Joy memiliki lebih banyak bagian daripada anggota lain meskipun dia adalah sub-vocalist atau posisi terendah dalam line vokal itu karena ia dianggap paling cocok menyanyikan lagu bergenre Jazz.

Baca juga:  7 Wawancara Canggung Idol KPop yang Ingin Dilupakan

3. Referensi Penulis Lagu

Cuplikan layar dari 2021 05 18 10 31 35 5 Fakta Line Distribution Grup KPop yang Sering di Protes Fans

Cosmic Sound dan Cosmic Girl juga menyatakan bahwa setiap penulis lagu memiliki preferensi yang berbeda, preferensi disini maksudnya adalah penilaian profesional sang penulis lagu akan kemampuan bernyanyi setiap Idol dan itu bisa saja berbeda ya bagi setiap penulis, keduanya memberi contoh misalnya nih saat mereka menggarap single Boy Grup Oneush yakni Valkyrie.

Nah dalam lagu tersebut rapper utama Leedo mendapatkan 29,2% bagian, sedangkan vokalis utama Soho malah berada di peringkat ke-4 dalam distribusi dan Sub-vokalis hanya dapat bagian 7,5% menyanyikan seluruh lagu. Untuk mengetahui mana part yang cocok cara lain yang ditempuh adalah meminta setiap member menyanyikan seluruh lagu.

Cuplikan layar dari 2021 05 18 10 32 12 5 Fakta Line Distribution Grup KPop yang Sering di Protes Fans

Nah cara ini misalnya dilakukan oleh girl grup Twice, saat hadir dalam acara one of TV Entertainment Jhiyo CS membeberkan jika pendiri JYP Entertainment yakni Park Jin-young biasanya meminta setiap member menyanyikan keseluruhan lagu untuk menentukan mana bagian yang cocok bagi mereka.

Nah hal yang sama juga dilakukan oleh mamamoo “Setiap member menyanyikan seluruh lagu sekali, nah dari situ kami membagi lagu ke dalam part yang paling sesuai untuk tiap member”, kata Hwasa saat menjadi bintang tamu program Please Take Care of My Refrigerator.

4. Perubahan Saat Rekaman

Cuplikan layar dari 2021 05 18 10 33 47 5 Fakta Line Distribution Grup KPop yang Sering di Protes Fans

Ada kemungkinan nih part yang sudah diberikan ke member rupanya harus ditukar di tengah proses rekaman untuk contohnya lihat saja saat Han Chowon harus menukar part vokalnya dengan Kwon Eun-bi di episode 9 Produce 48. Usai membandingkan rap mereka sewaktu rekaman lagu Rumor tim composer menilai karakter suara Han Chowon lebih pas untuk nge-rap sedangkan vokal Kwon Eun-bi lebih cocok mengisi chorus.

Baca juga:  9 Fakta ChaeYoung Member Twice yang Pemalu dan Imut, Salah Satunya Punya Tato

5. Pengaruh Suatu Lagu

Cuplikan layar dari 2021 05 18 10 34 55 5 Fakta Line Distribution Grup KPop yang Sering di Protes Fans

Beberapa jenis lagu tidak memungkinkan semua vokalis dan rapper mendapatkan jatah part yang rata, misal pada lagu dengan sedikit rap mayoritas part cenderung diberikan kepada vokalis sebaliknya rapper mendapatkan part lebih banyak di lagu yang liriknya didominasi rap. Suatu genre lagu juga bisa saja nih cocok atau tidak untuk member tertentu, Boy Grup ZE:A bahkan punya vokalis utama yang berbeda tergantung jenis lagu mereka Kim Dong Jun bercerita di Radio Star jika ia menjadi main vocalist ZE:A Idol ketika grup itu menyanyikan lagu berirama dance Kevin di lagu RnB dan Park Hyung-sik menjadi vokalis utama di lagu Breathe.

“Setiap promosi kami sebagian besar lagu kami adalah lagu dance, sehingga aku banyak bernyanyi”, kata Kim Dong Jun.

Nah guys semoga penjelasan ini membuat kalian mengerti ya bahwa demi mendapatkan harmonisasi dan kualitas musik yang prima pembagian vokal memang harus diberikan pada member yang paling tepat, bukan pada posisi member. Jika para penggemar berpendapat bahwa keadilan baru terwujud ketika setiap Idol mendapatkan porsi bagian sesuai posisi mereka, maka menurut penulis lagu pembagian menyanyi yang adil adalah ketika setiap member mendapatkan baris yang paling sesuai dengan karakter suara mereka.

  • Bagikan