6 Idol Kpop yang Dianggap Melecehkan Agama, Salah Satunya Jay Park

  • Bagikan

Idol generasi kedua yang kini bersolo karir yakni Jay Park belakangan mendapatkan kecaman karena dinilai merendahkan simbol umat Islam dalam liriknya.

Nah rupanya nih bukan cuma mantan leader dari 2PM tersebut yang kena masalah dengan suatu kelompok agama, sejumlah Idol Kpop lain juga pernah loh dinilai menyinggung golongan agama tertentu. Siapa sajakah mereka? nah langsung saja ya kalian simak 6 Idol Kpop yang dianggap melecehkan agama.

1. Lee Chae-rin (CL)

CL 6 Idol Kpop yang Dianggap Melecehkan Agama, Salah Satunya Jay Park

Lagu solo CL bertajuk mental breakdown atau MTBD yang dirilis pada tahun 2014 silam, dalam track dibawakan oleh mantan member 2NE1 itu terdengar lafal Al-qur’an yakni surah an-naba ayat 32-34. Pada menit ke-2 lewat 55 detik, firman Allah tersebut terdengar dengan latar alunan musik khas gurun pasir.

Dampaknya umat Islam dunia pun bereaksi,menurut mereka tidak sepantasnya ayat suci umat Islam tersebut masuk di lirik lagu, lewat kelompok muslim Korea Selatan mereka melayangkan surat protes kepada YG Entertainment, pihak agensi pun akhirnya menghilangkan bagian lafal al-qur’an tersebut.

2. Blackpink

LISA 1 6 Idol Kpop yang Dianggap Melecehkan Agama, Salah Satunya Jay Park

Pujian netizen atas kesuksesan single pertama dari album pertama the album How you like that yang dirilis pada akhir Juni 2020 lalu rupanya juga diiringi protes, karena dianggap tidak menghormati agama Hindu. Sejumlah Blink menyadari pada bagian Lisa menyanyikan bagian rap, sang maknae itu terlihat duduk diatas singgasana.

Nah di samping Lisa terlihat ada patung Hindu yakni dewa Ganesha yang diletakkan di lantai, mengetahui Dewa yang melambangkan kebijaksanaan dan merupakan Dewa pelindung seni dan sains tersebut ditaruh dilantai Blink India menganggapnya sebagai tindakan yang sangat tidak sopan terhadap dewa. Umat Hindu mempercayai bahwa patung dewa harus selalu diletakkan di permukaan yang tinggi.

Baca juga:  10 Momen Ketika Sasaeng Fans Mengganggu Idol KPop, Nekat Banget!

Lisa yang saat itu ada di dekat patung dewa juga dikecam karena mengenakan sepatu, padahal umat Hindu tidak mengenakan alas kaki saat melakukan pemujaan pada Dewa. Agensi YG pun akhirnya merespon hal tersebut dengan menghilangkan penampakan patung dewa Ganesha.

Setelah lagu How You Like That single kedua The album Jennie CS bersama Selena Gomez Yakni Ice Cream juga menuai kecaman, lirik lagu tersebut dianggap menghina Nabi Musa.

Lirik tersebut berbunyi : “Play the part like Moses, keep it fresh like roses”.

Nah sebagian orang menganggap part yang dinyanyikan oleh Lisa Ini mengandung simbol dan makna seksual, mendengar hal itu sang penulis bekuhboom pun memberikan klasifikasinya.

Bom Blackpink 6 Idol Kpop yang Dianggap Melecehkan Agama, Salah Satunya Jay Park

“Musa membelah laut merah buat siapapun yang nggak tahu ceritanya, jadi pada dasarnya aku membutuhkanmu buat mengatasinya jika kau adalah pacarku itu standarnya. Jika kamu nggak bisa membeli laut kamu nggak bisa berpesta denganku”, ungkap bom seperti yang dilansir dari Genius.

Perempuan bernama asli Rebecca Roads Jansen ini mengaku tidak bermaksud melecehkan agama tertentu, dia hanya melakukan permainan kata sebagai fun liriknya.

“Sangat menarik melihat ribuan orang asing sok tahu tentang apa yang kamu maksud, aku Kristen. Kata Nabi Musa tidak sama sekali nggak ada unsur seksual”, bantah bom.

Baca juga:  Profil Shoumaya Tazkiyyah, Pemeran Diana Sinetron Bawang Putih Berkulit Merah

3. Loco

Loco 6 Idol Kpop yang Dianggap Melecehkan Agama, Salah Satunya Jay Park

Di dalam track x series yang diluncurkan pada tahun 2014, ia mengutip lafal adzan dengan irama remix pada awal lagu. Usai dikecam rapper berusia 31 tahun itu pun segera meminta maaf via akun sosial media miliknya, ia mengaku tidak menyadari lantunan tersebut berhubungan erat dengan umat Islam, pihak agensi dari Loco pun segera menghapus melodi intro di lagu Loco tersebut.

4. NCT

NCT 6 Idol Kpop yang Dianggap Melecehkan Agama, Salah Satunya Jay Park

Pada Desember 2020 lalu, agensi SM Entertainment trending di twitter lewat #SMstopDisrespectingIslam hingga trending topic di berbagai negara termasuk Indonesia.

Usut punya usut agensi yang menaungi EXO itu membuat netizen menjadi geram karena music video NCT U ‘Make A Wish’ banyak menggunakan simbol yang related dengan agama Islam. Belakangan SM Entertainment bahkan menulis merchandise NCT yang masih dianggap merendahkan Islam, netizen segera menuntut agar SM tidak lagi menggunakan lambang-lambang Islam.

Nah jika kamu sudah menonton music video ‘Make A wWish’, NCT memang mengusung latar yang identik dengan desain masjid, hal yang sama juga terlihat nih pada merchandise nya yang mengusung konsep ala Timur Tengah.

5. (G)I-dle

GI dle 6 Idol Kpop yang Dianggap Melecehkan Agama, Salah Satunya Jay Park

Pada 2019 lalu girlgroup binaan Cube Entertainment ini juga disorot oleh Kpopers saat (G)I-dle tampil di acara Golden Disk Awards ke-33 Soyeon CS menggunakan masjid sebagai latarnya. Menurut keterangan Netter latar masjid yang digunakan adalah Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi Uni Emirat Arab.

Baca juga:  Deretan Fakta dari Debut Solo Rose BLACKPINK “On The Ground”

Akibatnya nih Kpopers muslim protes karena menganggap telah merendahkan Islam, mereka menuntut agensi Cube Entertainment meminta maaf mereka juga menyalahkan panitia (G)I-dle yang dinilai sembrono.

6. Jay Park

Jay Park 6 Idol Kpop yang Dianggap Melecehkan Agama, Salah Satunya Jay Park

Nah yang terbaru nih ada rapper Jay Park yang menerima kecaman publik, lantaran lirik lagunya yang berjudul Mommae dituding melecehkan agama Islam. Lirik lagu tersebut membuat sejumlah ke atas seperti Allah, Haram dan wanita-wanita Arab dan pernyataan minta disembah layaknya sang pencipta.

Jay Park sendiri langsung merespon kritik tersebut lewat akun sosial medianya, ia membantah melecehkan agama tertentu dan meminta maaf kepada mereka yang merasa lirik lagunya melecehkan agama Islam.

“Ia juga mengatakan kalian semua yang berkomentar mengatakan dia membawa bahwa agama atau rasis hentikan omong kosong tentang narasi palsu, itu bagiku itu cuma lirik, bagi sebagian orang itu lebih serius sesederhana itu”, tambahnya.

Namun netizen kembali geram karena menilai permintaan maaf dari mantan leader 2PM itu tidak tulus hingga akhirnya Juri Asia’S Got Talent itu pun kembali meminta maaf dan mengakui kesalahannya.

Kpop lovers, seniman memang selalu mengagungkan jargon kebebasan berekspresi termasuk di kalangan Idol Kpop. Namun kebebasan berkarya juga memiliki batasan jangan sampai melewati dan merendahkan nilai-nilai keyakinan agama dan juga budaya tertentu.

Nah karena itu penghormatan dan pengetahuan agama dan budaya penting ya tidak hanya bagi Idol tetapi juga untuk netizen sebelum mengajukan kritikannya.

  • Bagikan