6 Kuliner Khas Banyuwangi Yang Bikin Ngiler

  • Bagikan
Kuliner Khas Banyuwangi 1 6 Kuliner Khas Banyuwangi Yang Bikin Ngiler

Banyuwangi adalah diujung Jawa timur yang terkenal dengan budaya tradisional dan keindahan alam-alamnya. Banyak penari-penari handal lahir di daerah ini.

Selain itu tempat seperti Ranu kumbolo, meru Betiri dan hutan alas Purwo memiliki pemandangan indah hingga dijadikan tempat wisata

Tapi tahukah kamu kuliner Banyuwangi tak kalah menarik untuk dibahas. Kuliner Banyuwangi punya ciri khas kebanyakan mencampurkan 2 Jenis Masakan.

Bagi kamu yang penasaran dengan macam-macam kuliner Banyuwangi bisa lihat artikel ini ya.

1. Pecel Pitik

Pecel pitik 6 Kuliner Khas Banyuwangi Yang Bikin Ngiler

Hampir sama seperti sajian pecel lainnya di daerah Jawa. Pecel pitik ini juga terbuat dari bahan sayuran seperti daun kangkung, kacang panjang dan saus kacang.

Baca juga:  5 Seblak Lezat Di Malang, Bikin Nagih!

Namun ada tambahan yang menarik yang membuat pecel Banyuwangi ini berbeda yaitu tambahan ayam suwirnya.

Perpaduan pecel dan ayamnya sangat cocok dan enak dimakan langsung atau ditemani dengan sepiring nasi.

2. Rujak Soto

rujak soto 6 Kuliner Khas Banyuwangi Yang Bikin Ngiler

Kalau biasanya rujak atau soto adalah hidangan yang berdiri sendiri. Kalau di banyuwangi keduanya dimasak sebagai satu sajian lezat.

Campuran sayuran rujak seperti daun kol, kangkung, seledri dan kacang panjang dicampur dengan kuah soto berkaldu.

Supaya tambah kenyang bisa ditambah lontong. Rujak soto sangat cocok untuk dimakan saat perut keroncongan. Saat pulang kerja, buka puasa dan sebagainya.

3. Sego Tempong

Sego tempong 6 Kuliner Khas Banyuwangi Yang Bikin Ngiler

Berasal dari kata sego yang berarti nasi dan tempong yang berarti “tampar”. Masakan khas Banyuwangi ini cocok bagi kamu yang hobi makan pedas.

Baca juga:  4 Kuliner Khas Daerah Makassar

Sesuai dengan namanya saat kamu memakan sego tempong. Kamu akan merasakan sensasi pedas seperti menampar-nampar wajahmu.

Sego tempong terdiri dari banyak lauk seperti tahu, tempe, bakwan jagung. Juga dilengkapi sayur mayur seperti daun kenikir, bayam, taoge dan yang lainnya. Dan terakhir tentu sambalnya yang pedas

4. Pindang Koyong

Pindang Koyong 6 Kuliner Khas Banyuwangi Yang Bikin Ngiler

Makanan asal Banyuwangi yang terbuat dari ikan tengiri atau tongkol. Ikan direbus dengan kuah berbumbu khas kemudian ditambah belimbing wuluh dan cabai rawit merah.

Pindang Koyong mempunyai cita rasa yang segar, asam dan pedas. Cocok untuk dimakan saat musim penghujan karena bisa menghangatkan badan.

5. Botok Tawon

Botok tawon 6 Kuliner Khas Banyuwangi Yang Bikin Ngiler

Bagi kamu yang suka hunting makanan ekstrim. Bisa mencoba botok tawon ini. Meski terbuat dari bahan yang tidak biasa tapi rasa dan gizinya mantap.

Baca juga:  6 Kuliner Khas Medan Terlezat

Botok tawon adalah makanan yang terbuat dari sarang dan larva tawon yang tidak menghasilkan madu. Yang dibumbui dengan rempah dapur seperti bawang, kunyit, kencur daun salam dan lainnya.

Untuk menambah aroma botok tawon ini dibungkus dengan daun pisang. Rasa yang dihasilkan juga enak. Gurih, manis dan pedas.

6. Sego Cawuk

Sego Cawuk 6 Kuliner Khas Banyuwangi Yang Bikin Ngiler

Kalau kalian mampir ke Banyuwangi jangan lupa mencicipi kuliner ini. Sego Cawuk biasanya disantap sebagai sarapan karena mengenyangkan dan menambah energi menyantapnya.

Sego Cawuk terdiri dari bahan nasi yang disiram dengan kuah pindang atau terancam dan ditambahi lauk seperti telur, tahu atau tempe. Juga jangan lupa sambalnya yang membuat mata tidak mengantuk.

  • Bagikan