6 Tanda Kamu Punya Pola Pikir yang Dewasa

  • Bagikan
Pola Pikir yang Dewasa 6 Tanda Kamu Punya Pola Pikir yang Dewasa

Punya pola pikir dewasa itu tidak akan terjadi secara instan. Kita pun harus mengusahakannya, bagaimana caranya? Dengan belajar dari pengalaman hidup yang ada. Dan terus memproses diri untuk menjadi lebih baik lagi.

Karena kedewasaan itu adalah salah satu pola pikir yang tidak hanya berpatokan hanya pada umur. Bahkan ada istilah yang mengatakan bahwa menjadi tua itu merupakan hal pasti, akan tetapi menjadi dewasa adalah sebuah pilihan.

Nah supaya kamu bisa mengerti arti kedewasaan, ini dia poin-poin penting tentang pola pikir orang sudah dewasa.

1. Kamu tidak lagi selalu bertindak impulsif

Kamu bisa melihat sisi baik dan buruk dari hal yang kamu pilih. Kamu mempertimbangkannya dengan hati-hati dan siap bertanggung jawab atas segala konsekuensinya.

2. Kamu bisa mengendalikan diri dengan baik ketika menghadapi masalah

Kamu tidak lagi terus terpaku pada masalahnya saja dan terperangkap dalam label “korban”. Tapi, kamu bisa berpikir secara rasional dan berfokus untuk mencari solusi yang terbaik.

3. Kamu tidak lagi menganggap diri yang paling benar

Kamu bisa membuka diri untuk berdiskusi secara sehat. Mencoba melihat sesuatu dari perspektif yang lain dan menghargai pendapat yang berbeda. Kamu sadar kalau kamu bisa saja benar, tapi bisa juga salah.

Baca juga:  Tanda-Tanda Kalau Kamu Sudah Dewasa

4. Kamu tidak mudah menghakimi

Bukan hanya soal menghakimi orang lain, tapi kamu juga tidak langsung menjudge suatu kejadian. Kamu sadar bahwa di dunia ini tidak cuma ada hitam dan putih.

Ada juga yang abu-abu: hal-hal yang tidak kamu ketahui alasannya. Karena memang tidak semua hal harus ada jawabannya.

5. Kamu tidak lagi memaksakan kehendakmu

Ketika ada sesuatu yang terjadi yang tidak sesuai dengan rencanamu, kamu bisa menerimanya dengan lapang dada. Karena kamu sadar bahwa kamu hanya bisa berusaha dengan baik. Tapi bagaimana hasilnya nanti, itu berada di luar kendalimu.

6. Kamu tidak menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain

Kamu tidak lagi menjadikan pengakuan orang lain sebagai tujuan utamamu. Karena sekarang kamu paham bahwa yang terpenting adalah bagaimana kamu menghargai dirimu sendiri. Pengakuan dari orang lain hanyalah sebuah bonus.

Baca juga:  8 Tanda Kedewasaan Seseorang, Salah Satunya Bisa Mengerti Orang Lain

Kamu sudah dewasa belum? Share pendapatmu di kolom komentar dan bagikan ke sahabatmu untuk ingatkan mereka ya!

  • Bagikan