7 Grup Kpop yang Raih Popularitas Setelah ditinggalkan Membernya

  • Bagikan
7 Grup Kpop yang Raih Popularitas Setelah ditinggalkan Membernya 7 Grup Kpop yang Raih Popularitas Setelah ditinggalkan Membernya

Bekerja sangat keras saja kadang tidak cukup ya! Bagi grup Kpop untuk sukses dan juga populer, terkadang nih dibutuhkan suatu masa atau hal yang berbeda untuk memulai titik balik kesuksesan.

Beberapa grup Kpop tidak begitu sukses di awal debut, namun entah kenapa ketika salah satu atau lebih member ada yang hengkang eh tau-tau aja nih jejak ketenaran segera saja mengekor sesudah itu. Hmm ada kaitannya atau tidak sejumlah grup Kpop benar-benar mengalaminya.

Apakah ada grup idola mu? Nah langsung saja ya kalian simak 7 grup Kpop yang raih popularitas setelah ditinggalkan membernya. 

1. Apink

Apink 7 Grup Kpop yang Raih Popularitas Setelah ditinggalkan Membernya

Debut grup Apink sebenarnya tidak begitu mengecewakan sih, debut di tahun 2011 dengan tujuh member mereka berhasil meraih penghargaan rookie of the year Mama World 2011 dan gaon chart di 2012. Namun bisa dibilang ya, Apink mulai benar-benar beroleh ketenaran ketika member Yoo Kyung meninggalkan grup di tahun 2013 untuk menyelesaikan studi, dengan 6 member tersisa akhirnya Apink kemudian comeback dengan lagu “NoNoNo” ditahun yang sama.

Lagu itu pun langsung mendapatkan kesuksesan di jagat maya, Apink pun langsung terus comeback dengan rangkaian hits seperti Mr. Chu, Luv, Remember dan lain sebagainya. Nah selain sukses dengan formasi enam member mereka pun juga merupakan salah satu grup yang berhasil melewati kutukan tujuh tahun dan eksis hingga saat ini.

Mereka juga masih menarik minat hingga kini dengan comeback mereka seperti I’m So Sick dan juga Dumhdurum, sementara itu X membernya yakni Yoo Kyung sedang menempuh studi untuk menjadi seorang fashion designer. Ia bahkan pernah mendapatkan nominasi penghargaan utama di bidang desain, ia mengaku nih masih sering berkomunikasi dengan member Apink dan saling memberikan dukungan satu sama lain.

2. EXID

EXID 7 Grup Kpop yang Raih Popularitas Setelah ditinggalkan Membernya

EXID debut pada tahun 2012 dengan enam member yakni LE, Hani, Park Junghwa, Haeryeong, Dami dan Yuji. Mereka merilis single pertama mereka yakni “Whoz That Girl”, namun single itu tidak berhasil mengangkat nama mereka. Baru beberapa bulan aktif 3 membernya yakni Haeryeong, Dami dan Yuji keluar dan membentuk grup vokal BST.

Baca juga:  Beberapa Fakta Menarik yang Mungkin Kamu Lewatkan Pada MV BTS "Butter"

Agency Banana Culture pun kemudian menambahkan Solji dan juga Hyelin dalam formasi EXID. Nah di tahun 2014, EXID yang sebelum itu bukanlah grup populer mendadak ramai dibicarakan setelah lagu “Up & Down” menuai perhatian dari Kpopers.

Lalu pada April 2015, grup 5 member ini comeback lewat single L.I.E dan berhasil memenangkan lima trofi pertunjukan musik. Enam bulan kemudian ya EXID merilis single “Hot Pink” dengan melodi yang easy listening dengan menerapkan konsep ala Girl Crush. Lagu ini pun juga mendapatkan respon yang tinggi dengan penjualan digital yang sangat besar serta penonton video musik mereka yang mencapai puluhan juta.

3. Girl’s Day

Girls Day 1 7 Grup Kpop yang Raih Popularitas Setelah ditinggalkan Membernya

Girl’s Day mengawali karir di tahun 2010 dengan lima member yaitu Sojin, Minah, Jisun, Jiin dan juga Jihae, lalu pada 2010 mereka merilis video musik “Tilt My Head” namun pada bulan September nih dua membernya keluar yakni Jisun dan juga Jiin, setelah itu Yura dan Hye-ri ditambahkan kedalam grup.

2 tahun sesudahnya giliran Jihae yang undur diri dari grup tersebut dan entah kenapa nih dengan formasi 4 member Girl’s Day menerima lebih banyak pengakuan penggemar sejak mereka merilis lagu seperti Twingkle-Twingkle, Ring My Bell, Oh My God, Darling dan juga lagu Something. Konsep mereka yang awalnya imut berubah menjadi lebih dewasa dan juga menggoda, pencapaian member Minah dan Hye-ri juga terlihat nih ketika mereka merambah dunia akting.

4. Kara

Kara 7 Grup Kpop yang Raih Popularitas Setelah ditinggalkan Membernya

Girl group Kara memulai debutnya pada tahun 2007 dengan formasi awal Park Gyuri, Han Seungyeon, Kim Sung Hee dan juga Nicole Jung. Namun pada tahun 2008 Kim Sung Hee memutuskan keluar dari grup, sebagai gantinya nih agency DSP media merekrut dua member baru jakni Goo Ha Ra dan juga Kang jiyoung.

Baca juga:  Bikin Merinding, 8 Penampakan Hantu di Video Musik K-pop dan K-drama

Dengan lima member Kara langsung saja memenangkan trofi pertama mereka lewat lagu Honey di tahun 2009, disusun lagu Mister yang meledak dan diingat dengan goyang pinggulnya. Nah sejak saat itu Kara pun disebut sebagai salah satu girl grup generasi kedua terpopuler, meskipun formasi member mereka terus berubah hingga bubar di tahun 2016 namun para penggemar paling mengingat nih dengan formasi Idol di era Honey dan juga Mister.

5. Oh My Girl

Oh My Girl 7 Grup Kpop yang Raih Popularitas Setelah ditinggalkan Membernya

Debut dengan formasi 8 member sejak tahun 2015, girl grup Oh My Girl rupanya nih butuh waktu untuk mencapai kesuksesan yang signifikan. Nah pencapaian oh my girl tidak segetol rekan seangkatan mereka nih seperti Twice ataupun Gfriend dan malahan kalah dengan grup yang lebih Junior.

Pada Oktober 2017 member Jin-E yang sudah hiatus sejak Agustus 2016 akhirnya mengundurkan diri dari grup karena masalah kesehatan, pada Januari 2018  Hyojung CS comeback bertujuh lewat album Ini kelima sekaligus track Secret Garden. Tidak disangka nih lagu ini membuat mereka meraih kemenangan pertama setelah tiga tahun debut melalui acara musik SBS The Show.

Sejak saat itulah karir mereka semakin menanjak signifikan dan sepertinya nih puncak-puncak pencapaian mereka secara gamblang bisa kamu lihat pada album ini ketujuh mereka Nonstop, 2 lagunya yakni Nonstop dan juga Dolfin masuk dalam khas Korea dan dinominasikan dalam berbagai penghargaan.

6. The Boyz

The Boyz 7 Grup Kpop yang Raih Popularitas Setelah ditinggalkan Membernya

The Boyz memulai debutnya di tahun 2017 dengan 12 member, sebenarnya nih prestasi mereka cukup membanggakan terbukti ini mereka berhasil memenangkan penghargaan pendatang baru di soribada biss key Music Awards 2018 dan best new male artist Award 2018 melon Music Awards.

Namun saat member Hwall meninggalkan grup karena cedera di 2019 member tersisa dan para penggemar menjadi khawatir keluarnya Hwall membuat karir grup tidak akan berkembang. Kemudian pada Maret 2020 The Boyz mengikuti kompetisi ajang Survival Road To Kingdom secara menakjubkan ajang ini membuat reputasi mereka menjadi meningkat.

Buktinya nih saat mereka merilis album mini kelima mereka yakni Chase dengan lagu utama The Stealer karya itu berhasil terjual hingga lebih dari 212 ribu keping pada pekan pertama ini adalah penjualan tertinggi mereka sejak debut.

Baca juga:  Deretan Fakta dari Debut Solo Rose BLACKPINK “On The Ground”

Nah video streaming merekapun sebelum ini juga paling banter nih ditonton hingga 50.000 penonton, namun kemudian melonjak menjadi 600.000. Pengikut mereka di Twitter juga meningkat hingga 1juta, demikian juga nih dengan jumlah subscriber mereka di channel YouTube yang bertambah dua kali lipat.

7. Winner

Winner 7 Grup Kpop yang Raih Popularitas Setelah ditinggalkan Membernya

Boygroup Winner yang debut di tahun 2014 adalah pemenang ajang Survival Win Who Is Next, dengan formasi 5 member sejak awal nih mereka telah digadang-gadang sebagai “Monster Rookie” apalagi nih setelah lagu pertama mereka yakni “Empty” dengan cepat menjadi hits dan mencapai olfil.

Namun sayangnya nih momentum untuk meraih popularitas yang lebih besar tidak mereka manfaatkan, mereka malah fokus tour ke Jepang selama lebih kurang setahun dan hampir tidak ada aktivitas di negaranya. Nah akibatnya saat mereka merilis album mini mereka di tahun 2016, album mereka pun kurang mendapatkan antusiasme dari gen-x.

Nah pada akhir 2016 member bernama Nam Tae-hyun hengkang dari grup, ketika itu terjadi Winner dan fans sempat galau dengan masa depan grup mereka. Namun tanpa diduga-duga saat mereka tampil di tahun 2017 dengan lagu VeryVery mereka berhasil nangkring di tempat teratas di semua chart korea. Lagu-lagu berikutnya nih seperti Love Me Love Me, Island dan Everywhere juga meraih kesuksesan yang luar biasa sehingga banyak yang lupa jika dulunya mereka memiliki lima member.

Meskipun faktanya grup Kpop tadi menjadi sukses setelah adanya member yang hengkang, namun penggemar umumnya menolak jika grup idola mereka akhirnya sukses karena member tersebut keluar. Dengan kata lain nih sang mantan bukan lah penghalang kemandekan popularitas grup. Nah menurut kamu sendiri gimana nih guys, sebagai warga +62 yang memiliki tradisi mitos dan juga tahayul apakah kalian percaya bahwa kadang seseorang nih menjadi sumber kesialan?

  • Bagikan