8 Cara Mendidik Anak Perempuan Menjadi Pribadi Tangguh

  • Bagikan
8 Cara Mendidik Anak Perempuan Menjadi Pribadi Tangguh 8 Cara Mendidik Anak Perempuan Menjadi Pribadi Tangguh

Mendapat anugerah keturunan baik laki-laki atau perempuan tentu sama-sama membahagiakan dan membanggakan. Hanya saja memang orang tua memerlukan strategi tersendiri untuk mendampingi tumbuh kembang putri Anda.

Agar buah hati tumbuh menjadi wanita dewasa yang tangguh dan berkepribadian baik, beberapa cara mendidik anak perempuan berikut mungkin bisa menjadi referensi.

1. Ajarkan Kemandirian

Secara alami anak perempuan biasanya lebih manja dan ini perlu disikapi dengan baik agar tidak selalu mengandalkan orang lain. Strategi yang dapat Anda coba adalah dengan mengajarkan tentang tanggung jawab sejak kecil dengan memberi tugas dirumah sesuai usianya.

Baca juga:  Apa Keutamaan Memiliki Anak Yang Sholih atau Sholihah

Selain itu Anda juga perlu membiasakan mereka mengurus kebutuhannya sendiri, misalnya mandi, berpakaian, makan dan menyiapkan keperluan sekolah nya sendiri.

2. Didik Anak Untuk Mengenali Diri Sendiri

Perubahan bentuk tubuh dan organ reproduksi di usia pubertas bisa sangat mengagetkan jika anak tidak pernah diberitahu sebelumnya, Untuk mengantisipasi kasus-kasus pelecehan yang saat ini kian marak, Anda juga wajib memberitahu bagian tubuhnya yang tidak boleh dipegang orang lain.

Inilah sebabnya Anda perlu memberikan sex education ketika anak perempuan Anda mulai memasuki usia 10 tahun sebagai persiapan memasuki pubertas.

3. Menempatkan Anak Pada Lingkungan Yang Baik

Selektif dalam memilih sekolah, klub olahraga, les atau lingkungan yang lain. Semua ini untuk mengupayakan anak perempuan Anda berada dilingkungan yang positif dan berdampak baik bagi pertumbuhannya.

Sekolah-sekolah yang direkomendasikan misalnya sekolah berbasis agama atau sekolah umum dengan guru-guru yang bersedia membangun komunikasi terbuka dengan orang tua.

Baca juga:  Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja

4. Memonitor Pergaulan Anak

Anda sebagai orang tua perlu mengenal teman-teman anak Anda, termasuk orang tua mereka. Anda juga perlu memberi masukkan mengenai pergaulan dengan lawan jenis.

Tidak satu dua kali mendengar kasus-kasus kenakalan remaja akibat terbawa pergaulan yang tidak sehat. Inilah alasannya mengawasi pergaulan anak bisa menjadi langkah antisipasi yang baik.

5. Membangun Sikap Percaya Diri

Setiap orang dianugerahi dengan bakat dan kemampuan yang berbeda-beda. Anda sebagai orang tua perlu mendukung potensi tersebut secara maksimal.

Misalnya anak perempuan Anda sejak kecil telah menunjukkan ketertarikannya dengan bernyanyi. Asah terus bakat ini misalnya dengan mendaftarkannya kursus vokal dalam bermusik. Memiliki kemampuan yang tidak dimiliki teman-teman sebayanya dapat membangun kepercayaan diri anak.

6. Menjadi Panutan Terbaik Untuk Anak

Anak merupakan seorang peniru yang baik, pastikan mereka mendapatkan teladan yang baik juga dari Anda sebagai orang tuanya. Hal tersebut bisa dimulai dari bagaimana cara bersikap, tingkah laku, cara memperlakukan orang lain, hingga penampilan sehari-hari akan menjadi referensi bagi anak perempuan Anda.

Baca juga:  6 Penyebab Anak Malas Curhat Dengan Orang Tua

7. Tunjukkan Kasih Sayang

Anda perlu mengekspresikan rasa sayang agar anak tahu bahwa Anda benar-benar sayang padanya. Jadi jangan enggan memeluk, mencium dan membuka dialog secara akrab dengan anak, dengan begitu Anak pun akan merasa percaya diri terhadap dirinya.

8. Tanamkan Nilai Agama dan Moral Sejak Kecil

Bekal norma agama dan moral yang tertanam sejak kecil akan menumbuhkan kesadaran untuk melakukan hal-hal yang baik.

Anda bisa mencoba memulai mengajarkan cara berdoa dan membiasakannya sejak masih kecil. Seiring pertambahan usia Anda bisa mulai mengajarkan beribadah, membacakan cerita atau memberi nasehat dengan menyelipkan nilai-nilai agama.

  • Bagikan