Apa Itu Ketombe dan Bagaimana cara Mengatasinya?

  • Bagikan
rambut freepik Apa Itu Ketombe dan Bagaimana cara Mengatasinya?
foto: freepik

Lifestyle,Ketombe (sindap atau kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. 

Adanya ketombe di kulit kepala amat mengganggu penampilan. Apalagi jika ketombe tersebut jatuh ke atas baju yang sedang dipakai. Tentu sangatlah memalukan. Penyebab ketombe sendiri bermacam-macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk shampoo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala.

Cara alami untuk mengatasi ketombe pada rambut menggunakan beberapa bahan alami yang mudah di dapat dan juga aman bagi kesehatan rambut Anda baik untuk merawat sekaligus menjaganya. Menghilangkan ketombe sangat penting sebab jika diabaikan terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan pada rambut atau kulit kepala Anda.

Tentu saja, munculnya ketombe dapat disebabkan oleh beberapa macam faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Dimana faktor hormon menjadi pemicu utama munculnya ketombe pada kulit kepala Anda. Selain itu, ketombe juga dapat muncul akibat kelembaban pada rambut yang terjadi akibat banyak terkontaminasi dengan debu atau kotoran yang hinggap di rambut.

Cara Mengatasinya Secara Alami

Untuk mengatasi ketombe shampoo anti ketombe saja tidak cukup sebab zat aktif yang terkandung dalam shampoo anti ketombe tidak mampu bertahan lama di kulit kepala Anda, sehingga bahan aktif ini tentu akan hilang saat Anda membasahkan rambut atau mungkin ketika Anda membilas rambut sehabis keramas.

1. Lidah buaya untuk mengatasi ketombe

Baca juga:  5 Cara Alami Menghilangkan Komedo Membandel, Salah Satunya Lidah Buaya

Untuk mengatasi masalah ketombe ini tentu saja diperlukan bahan tambahan yang dapat mengatasi ketombe pada rambut. Dimana penggunaan bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai bahan baku alami yang mampu mengatasi ketombe di rambut dan membuat sehat lagi.

Memanfaatkan lidah buaya misalnya, dengan menerapkan daging lidah buaya pada permukaan kulit kepala beberapa saat sebelum Anda menggunakan shampoo anti ketombe dapat mengurangi rasa gatal yang biasanya muncul. Tidak hanya itu, dengan menggunakan lidah buaya juga dapat mengurangi serta mengusir ketombe jika digunakan untuk rambut Anda.

2. Ekstrak teh chamomile menghilangkan ketombe

Bahan-bahan alami lain untuk mengatasi ketombe adalah ekstrak teh chamomile. Ketombe disebabkan karena terjadinya pengelupasan pada kulit kepala Anda yang sensitif, oleh karena itu disinilah ekstrak teh chamomile berperan untuk mempertahankan dan mencegah terjadinya peradangan pada kulit kepala yang menjadi salah satu pemicu timbulnya ketombe.

Dengan menggunakan kedua bahan alami diatas sudah mewakili segudang bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Dimana dengan memberi nutrisi pada rambut menggunakan bahan-bahan alami mampu mengusir ketombe jika dilakukan secara rutin saat melakukan perawatan.

  • Bagikan