Bijak Menggunakan Media Sosial

  • Bagikan
bijak media sosial Bijak Menggunakan Media Sosial

Kebanyakan di rumah jadi kebanyakan main hp, karena main hp nya sambil rebahan jadilah yang dibuka itu-itu aja. Gak jauh sekitar media sosial seperti whatsapp, instagram, tiktok, gitu aja terus dari matahari terbit sampai terbenam.

Nah biar penggunaan sosmedmu lebih bijak. Coba yuk tips-tips berikut ini ketika kamu menggunakan media sosial.

1. Hindari Publish Hal Yang Terlalu Personal

Banyak sekali masalah yang timbul dari sekedar berbagi informasi pribadi di media sosial. Umumnya informasi ini digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memalsukan identitas diri, mengintimidasi, mengganggu bahkan meneror seseorang.

Baca juga:  Mengumbar Kemesraan Di Media Sosial, Boleh atau Tidak?

Karenanya, penting bagi kamu untuk tidak berbagi informasi pribadi di media sosial. Seperti alamat rumah, alamat kantor, nomor ponsel bahkan foto-foto yang bersifat sangat pribadi.

2. Selektif Memilih Teman Dan Follower

Memiliki banyak teman dan follower memang membanggakan, namun kamu harus sadar tidak semua orang yang ada di media sosial kamu bisa menjadi teman baik dan bermanfaat. 

Pastikan bahwa kamu benar-benar memilih teman dan follower atau paling tidak mengubah settingan menjadi privacy. Sehingga setiap orang harus mengirimkan permintaan terlebih dahulu sebelum berteman.

3. Jauhi Akun Dan Postingan Negatif

Ketika kamu membuka media sosial, pasti kamu menemukan beberapa akun yang senang memposting hal-hal negatif. Misalnya berita-berita hoaks, mengandung unsur sara, ujaran kebencian kepada seseorang atau pemerintah bahkan provokatif, tak jarang postingan-postingan tersebut sangat mengganggu, meresahkan hingga membuat khawatir.

Baca juga:  Tanda Seorang Cewek Bucin

Nah, daripada merusak pikiran karena terpapar hal-hal negatif, sebaiknya kamu hindari  akun dan postingan tersebut

4. Tabayyun Dahulu Sebelum Berbagi

Media sosial marak dengan foto dan video yang mendukung sebuah postingan. Namun dengan semakin banyaknya berita bohong, sebaiknya kamu berpikir dahulu sebelum menekan tombol share atau berbagi.

Pastikan dulu kebenarannya dan hal tersebut positif dan bermanfaat untuk dibagikan kepada orang lain.

5. Jangan Membiasakan Mengeluh Atau Curhat

Sudah menjadi kebiasaan bagi para pengguna media sosial untuk berbagi. Namun, tak jarang karena terlalu asik berbagi, mereka pun tidak bisa mengontrol materi apa yang perlu dibagikan.

Seperti mengeluh atau curhat hal-hal yang bersifat pribadi dan tanpa disadari dibalut dengan kata-kata yang kasar yang dimana seperti membuka aib sendiri dan menunjukkan bagaimana karaktermu sesungguhnya.

Baca juga:  Ini Dia Alasan Kenapa Nervous Di Dekat Cewek Cantik

6. Cantumkan Sumber Postingan

Jika ada info-info atau konten bermanfaat untuk dibagikan dan ternyata itu adalah hasil karya orang lain, sebaiknya cantumkan sumber postingan. Mencantumkan sumber postingan, selain sebagai bentuk menghargai karya orang lain, kamu juga akan bebas dari tuduhan plagiat atau pencurian konten yang berupa foto, gambar, video maupun quote-quote pribadi.

  • Bagikan