Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja

  • Bagikan
Anak Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja
Designed by Freepik

Menyayangi tidak sama dengan memanjakan.Jika kita sayang anak, maka sebaiknya kita menyiapkan anak agar tumbuh mandiri dan bertanggung jawab. Karena suatu saat, mereka harus menjalani kehidupannya sendiri, dan tak bisa selamanya bergantung kepada orangtua.

Berikut ini tips cara agar mendidik anak agar tidak manja:

1. Buatlah Peraturan

Buat kesepakatan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Beri penjelasan sederhana yang mudah dimengerti agar anak memahami apa maksud kita menetapkan aturan tersebut.

Baca juga:  Akibat Dari Sikap Orang Tua Yang Terlalu Over Protective Pada Anak

2. Konsisten Dengan Aturan Yang Sudah Dibuat

Jangan ada tawar menawar setelah membuat aturan. Aturan harus dilaksanakan dengan konsisten agar tidak menimbulkan kebingungan pada anak.

3. Jangan Menyerah Oleh Rengekan

Sekali kita memenuhi keinginan anak karena ia merengek atau menangis, maka dia akan selalu menggunakan cara itu untuk mendapatkan apa yang dikehendakinya. Kuatkah hati kita terhadap tangisannya.

4. Ajari Tentang Tanggung Jawab

Beri anak tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai dengan kemampuannya. Misalnya mencuci alat makannya sendiri, merapikan kembali mainan nya, merapikan tempat tidur dan hal yang lainnya.

5. Jangan Takut Anak Kecewa

Tidak semua keinginan anak harus dituruti. Anak perlu belajar merasakan kecewa agar di masa depan dia tidak mudah depresi.

Baca juga:  5 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Agar Tidak Kasar Terhadap Perempuan

6. Jangan Memberikan Hadiah Dengan Cuma-cuma

Ajarkan padanya konsep “Mendapatkan sesuatu dengan usaha.” Jika anak menginginkan sesuatu, maka harus ada sesuatu yang diusahakan, misalnya membantu membersihkan pekarangan rumah, menabung dan lainnya.

Nah, itu dia beberapa cara mendidik anak agar tidak manja. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan