Cara Untuk Menghadapi Teman Yang Mau Pinjam Uang

  • Bagikan
foto freepik Cara Untuk Menghadapi Teman Yang Mau Pinjam Uang
foto: freepik

Apakah kamu pernah didatangi temanmu kemudian dia bilang, Bro/Beb/Gan/Sis, Boleh pinjam uang gak? Mungkin disaat itu dia lagi baik-baikin kamu banget hehe.

Kalimat horor yang satu ini mungkin bisa ditemukan oleh siapapun. Kalo kamu belum merasakannya? bukan berarti gak akan ketemu, tapi emang belum ada yang dateng aja hehehe.

Nah, terus gimana donk kalo misalkan sudah terlanjur ada yang datang dan minta hutang? Gak enak banget kan kalo sampe nolak, uangnya sih ada, tapi itu uang yang memang sengaja dipisahkan buat kebutuhan kamu nanti. Secara kamu udah mulai melek finansial.

Tapi kalo gak ngasih, gak enak banget dia kan teman kamu, dan kamu pun galau? Dalam situasi seperti ini sangat sulit sekali untuk menentukan pilihan. Tapi ada trik yang mungkin bisa kamu gunakan.

Baca juga:  Hal Yang Dapat Mendatangkan Kegagalan Di Hidup Kalian

Pilihan Pertama Kamu Kasih Pinjam Uang Kamu Ke Teman Kamu Tapi Jangan Berharap Uangnya Bisa Di Balikin.

Orang kalo sudah sampai pinjam uang tandanya keuangannya lagi susah dan berantakan, akan sangat sulit dan butuh waktu untuk keuangan mereka bisa stabil kembali. Kemungkinan juga, kamu bukan satu-satunya orang yang dia target untuk dipinjam uangnya. Jadi, pilihan nomor satu ini adalah kasih pinjam uangnya kemudian ikhlaskan. Bayar syukur, gak bayar yaudah kamu ikhlaskan.

Pilihan Kedua Tegain Aja Buat Nolak

Bilang sama temanmu bahwa kamu tidak punya uang sebanyak itu dan kamu masih memiliki kebutuhan yang lain yang memang perlu menggunakan uang tersebut. Pilihan ini harus super tega sih dan kemungkinan temanmu akan kesal kepada kamu dan hubungan kamu jadi tidak baik, tapi uangmu selamat.

Baca juga:  Lakukan Self Reward Setelah Kamu Berproduktif

Karena ketika kamu memberikan uangmu dan kamu berharap dibayar? Temanmu akan beralasan dan berbelit. Dan disini kondisinya kamu yang akan kesal kepada temanmu dan tetap hubungan pertemanan kamu menjadi tidak baik-baik aja kan? Plus uangmu gak balik.

Cara Lainnya Yang Mungkin Bisa Kamu Gunakan

Dengan cara memberi tenggat waktu dan bicara pada temanmu bahwa uang yang diberikan ke temanmu adalah uang untuk kebutuhan kamu di tanggal tersebut. Jangan lupa buat juga surat perjanjian diatas materai juga penting banget.

Tapi yo namanya yang meminjam adalah teman, memangnya kamu tega berbuat seperti itu apa? Nah, itu tadi beberapa cara untuk menghadapi teman yang mau pinjam uang alias berhutang kepada kamu, agar nanti kemudian kamu tidak stress akan uang yang kamu pinjamkan.

Baca juga:  5 Barang Yang Wajib Ada Saat Malam Pertama
  • Bagikan