Jenis Buah Berry Yang Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

  • Bagikan
2499073 Jenis Buah Berry Yang Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan
Foto : Freepik.com

Di dunia ini banyak sekali jenis buah berry, baik yang dibudidayakan maupun yang tumbuh bebas di alam liar. Namun, tidak semua jenis berry bisa dimakan. Berapa bahkan mengandung racun yang bisa berakibat fatal jika dikonsumsi.

Pada Kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang beberapa jenis buah berry yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat buah berry dikarenakan adanya antioksidan yang tinggi dalam buah berry, yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan sendi, serta mencegah penyakit darah tinggi (hipertensi).

Jenis buah berry ini merupakan buah yang memiliki kandungan serat dan vitamin dan antioksidan  yang tinggi, sehingga jenis buah berry ini sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini penjelasan singkat mengenai :

Jenis Buah Berry Yang Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

1. Stroberi

Salah satu jenis berry yang sudah banyak dikenal di Indonesia ini mengandung lebih banyak vitamin C dari jeruk. Stroberi merupakan obat terbaik untuk sembelit. Kandungan serat yang tinggi dari buah ini dikenal untuk membantu meningkatkan fungsi usus.

Baca juga:  Inilah Fakta dan Mitos Tentang Keperawanan Perempuan

Sekitar 200 benih yang terdapat pada stroberi membantu membersihkan dinding usus dan meningkatkan kesehatan usus besar. Penjelasan lengkap untuk buah stroberi ini bisa anda temukan pada artikel Kandungan Manfaat Buah Stroberi Untuk Kesehatan Tubuh

2. Blueberry

Blueberry memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi di antara buah-buah lain, sehingga blueberry dapat melindungi Anda dari penyakit jantung dan kanker. Namun, ada satu manfaat yang belum banyak dikenal yakni blueberry dapat memperkuat tulang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Bone and Mineral Research menemukan bahwa konsumsi blueberry dapat membantu mengembangkan massa tulang. Para peneliti mengklaim bahwa senyawa polifenol (pigmen yang memberikan warna pada blueberry) dapat merangsang pertumbuhan sel tulang.

Studi selanjutnya bahkan menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu mencegah kehilangan massa tulang setelah menopause.

3. Blackberry

Salah satu jenis berry yang digunakan sebagai merek telepon seluler ini dapat merangsang sel-sel otak. Sebuah studi pada hewan menemukan bahwa ekstrak blackberry dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan memori.

Sebuah penelitian di Human Nutrition Research Center on Ageing, Amerika Serikat, juga menemukan bahwa polifenol dalam buah yang berwarna gelap dapat meningkatkan fungsi kognitif, membantu memusnahkan protein beracun di otak. Hal ini dimungkinkan dapat mencegah penyakit alzheimer.

Baca juga:  Inilah 20 Alasan Tubuh Kita Butuh Banyak Air

4. Raspberry

Seperti halnya blueberry, raspberry juga memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan polifenol dalam raspberry dapat merangsang pertumbuhan sel tulang. Dalam penelitian hewan, ekstrak raspberry ditemukan untuk mengurangi peradangan tulang dan kerusakan tulang rawan sehingga raspberry merupakan obat bagi penderita arthritis (radang sendi).

5. Goji berry

Buah yang berasal dari India ini mengandung beta-karoten lebih banyak dari wortel, membuatnya baik bagi kesehatan mata. Zat besi yang terkandung di dalamnya (7,6 mg per 100 gram) jauh lebih banyak dari memakan steak daging dan bayam.

Zat besi dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan lemas dan anemia.

6. Redcurrant

Satu cangkir redcurrant mengandung 308 mg potasium atau kalium dari 2000 mg yang Anda butuhkan setiap hari. Kalium sangat penting untuk mengatur tekanan darah dan baik untuk otot dan tukang. Kekurangan kalium dapat menyebabkan kram otot dan detak jantung yang tidak teratur.

Baca juga:  Cara Sederhana Mengatasi Bau Kaki, Dijamin Ampuh!

7. Acai Berry

Acai berry berasal dari Brasil dan berwarna hitam. Kandungan antioksidannya dua kali lipat lebih tinggi dari blueberry. Tak heran jika buah ini dikenal memiliki manfaat anti-aging. Studi yang dilakukan oleh Emory University School of Medicine di Amerika Serikat menemukan bahwa lalat buah yang diberi suplemen acai berry dapat hidup tiga kali lebih lama.

Hal ini mungkin terjadi karena kandungan anthocyanin dalam buah yang membantu melindungi sel dari kerusakan. Jenis berry ini juga kaya akan asam amino dan asam lemak yang dapat meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

8. Cranberry

Senyawa proanthocyanidins yang terdapat pada cranberry dapat membunuh bakteri E.coli yang melekat pada dinding kandung kemih. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa selain dapat menyembuhkan infeksi pada kandung kemih, cranberry juga bisa membantu melawan bakteri H.pylori yang sering dikaitkan pada penyakit ulkus peptikum dan kanker lambung.

Nah itulah beberapa penjelasan dari jenis buah berry yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Semoga dapat menambah wawasan kalian mengenai buah-buah tersebut.

  • Bagikan