Kandungan dan Manfaat Mandi di Air Laut Yang Jarang Diketahui

  • Bagikan
3162 1 Kandungan dan Manfaat Mandi di Air Laut Yang Jarang Diketahui
Foto : Freepik

Lautan adalah hamparan luas air asin yang menghubungkan seluruh penjuru dunia dan juga salah satu bentuk batasan antara daratan seperti benua dan pulau-pulau. Pemandangan pantai, nelayan,dan hamparan air laut yang luas jadi pemandangan yang biasa setiap harinya. Hal yang paling disukai orang-orang dari lautan itu adalah pemandangan sunset dan sunrise-nya.

Selain pemandangan yang ditampilkan dari lautan, kita juga bisa merasakan manfaat dari asinnya air laut, lho. Apakah air laut ada manfaatnya untuk kesehatan? 

Menurut Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Lampung DR. dr. Khairun Nisa Berawi, M.Kes, AIFO, air laut memiliki komposisi kelarutan mineral dan ion yang mirip dengan komposisi plasma darah manusia. Jadi, mandi atau berendam di air laut ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Untuk tahu lebih lanjut simak ulasan di bawah ini.

Kandungan Garam dan Mineral yang Terkandung dalam Air Laut

Selain mengandung garam rata rata 35 %, Air laut juga mengandung berbagai zat mineral alami yang sangat berguna untuk tubuh kita.Berikut beberapa kandungan air laut dan penjelasannya.

1. Magnesium

Magnesium sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, karena magnesium ini digunakan sebagai katalisator lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. hampir 50% magnesium disimpan dalam tulang kita, bagian lainnya ada di sel- sel jaringan tubuh dan organ lainnya. Hanya sekitar 1 % saja ada dalam darah.

Baca juga:  Manfaat Minyak Biji Kamelia, Rahasia Kulit Mulus
2. Potassium

Potasium atau kalsium adalah mineral terbanyak ketiga dalam tubuh kita. mineral ini punya peran penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kita. Dan juga sangat berperan dalam proses kontraksi dan relaksasi otot, pembekuan darah dan imunitas atau menjaga sistem kekebalan tubuh. kekurangan potasium berakibat fatal bagi kesehatan.

3. Kalsium sulfat

Kalsium sulfat merupakan garam yang ada di air laut dan di lingkungan alam yang lain. Zat ini adalah senyawa kalsium, sulfur dan oksigen.Dalam bentuk yang paling murni memiliki rumus kimia CaSO4; ini dikenal sebagai anhidrat – bebas air – kalsium sulfat, atau anhidrit mineral. Hal ini juga datang dalam bentuk “hydrous”. Kalsium sulfat untuk kesehatan terutama untuk metabolisme tubuh, penghubung antar saraf dan kerja jantung.

4. Zat Besi

Zat Besi adalah nutrisi yang penting dibutuhkan bagi kegiatan tubuh kita setiap hari, termasuk untuk melaksanakan fungsi dasar tubuh seperti pertumbuhan dan perkembangan. Nutrisi ini juga digunakan untuk membantu memetabolisme protein, memproduksi hemoglobin, energi, enzim, membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, fungsi otot, dan membuang karbondioksida dari dalam tubuh.

5. Boron

Boron digunakan untuk membangun tulang yang kuat, mengobati osteoarthritis, sebagai bantuan untuk membangun otot dan meningkatkan tingkat testosteron, dan untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan koordinasi otot.Perempuan kadang-kadang menggunakan kapsul yang mengandung asam borat, bentuk paling umum dari boron, di dalam vagina untuk mengobati infeksi ragi. Orang juga menggunakan asam borat pada kulit sebagai zat atau untuk mencegah infeksi, atau menggunakannya sebagai mencuci mata.

Baca juga:  Cara Ampuh Mengatasi Demam Bagi Anak Maupun Dewasa
6. Selenium

Selenium adalah mineral dan nutrisi penting untuk melawan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Selenium adalah sinergis dengan vitamin E, yang berarti bahwa keduanya bekerja sama-sama kuat. Keduanya adalah antioksidan kuat yang membantu mencegah atau memperlambat penuaan dan pengerasan jaringan melalui oksidasi. mineral selenium ini penting untuk banyak fungsi tubuh dan dapat ditemukan di setiap sel tubuh, yang terutama pada ginjal, hati, limpa, pankreas, dan testis. Pada laki-laki, setengah dari selenium tubuh berkonsentrasi di testis dan bagian dari saluran sperma atau sekitar kelenjar prostat.

7. Zinc

Zinc yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai seng, dan dalam ilmu kimia dilambangkan dengan Zn, merupakan mineral penting yang terdapat dalam semua sel tubuh makhluk hidup, termasuk tubuh manusia. Lebih dari 300 macam enzim di dalam tubuh manusia memerlukan zinc sebagai kofaktor untuk menjamin optimasi fungsinya.

Bagi anda yang suka mandi atau berendam atau berenang di air laut

Berikut manfaat mandi di air laut yang jarang diketahui:

1. Air laut memiliki komposisi yang sama dengan komposisi plasma darah manusia. Penggunaan air laut sebagai obat sudah mulai dilakukan sejak 4 abad Sebelum Masehi. Air laut memiliki 84 elemen vital yang juga ditemukan dalam tubuh manusia, termasuk diantaranya vitamin, garam mineral dan asam amino.

Selain itu air laut juga kaya akan mikroorganisme yang menghasilkan antibiotik, antimicrobial dan antibacterial. Tubuh manusia memiliki kemampuan alami untuk menyerap elemen-elemen tersebut.

Baca juga:  Mengenal Impostor Syndrome: Gejala, Penyebab Dan 5 Tipe Impostor Syndrome

2. Air laut memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Itu sebabnya tempat-tempat spa di seluruh dunia menggunakan garam laut dalam layanan perawatan mereka. Garam pada air laut membantu melepaskan racun dari kulit dan berfungsi sebagai pengelupas alami yang melepaskan sel-sel kulit mati serta merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

3. Air laut juga mengandung banyak mineral, terutama magnesium yang membantu meningkatkan kelembaban pada permukaan kulit sehingga kulit tampak segar bercahaya.

4. Salah satu keuntungan terbesar yang terdapat dalam air laut adalah kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit atau iritasi pada kulit Mulai dari peradangan, psoriasis termasuk luka ringan karena kandungan garam dan potasium klorida di dalamnya.

Cara mendapatkan manfaat mandi di air laut sebagai berikut

  1. Berenang atau pun mandi di air laut adalah cara yang paling bagus untuk mendapatkan manfaat dan khasiatnya.Lakukan secara rutin 3 kali seminggu dan apabila sudah ada perubahan dapat dikurangi sedikit demi sedikit, untuk menjaga agar tetap sehat lakukanlah seminggu atau dua minggu sekali.
  1. Bagi anda yang tidak suka ataupun takut untuk berendam di air laut anda hanya perlu merendam kaki anda saja.Lebih baik lagi jika merendam kakinya, tidak hanya berdiam di situ saja,alias sambil jalan jalan.

Tips

Satu hal yang harus diperhatikan yaitu masalah keamanan. Apabila anda berenang atau berendam di pantai yang biasa digunakan untuk berenang para wisatawan. Anda harus mematuhi peraturan yang dibuat oleh penjaga keamanan pantai agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

  • Bagikan