Kuliner Kembar Indonesia, Serupa Tapi Tak Sama

  • Bagikan
Kuliner Kembar Kuliner Kembar Indonesia, Serupa Tapi Tak Sama

Apa kabar sobat kuliner? Jika kalian harus memilih kalian ada di pihak mana, nih? Coto atau Soto yang bener? Sebenarnya, mereka berdua sama-sama bener kok, Coto dan Soto adalah salah satu dari sekian banyak contoh kuliner kembar Indonesia yang serupa tapi tak sama.

Coto yang merupakan makanan kuliner yang khas dari kota makassar sedangkan Soto ini memiliki banyak varian mulai dari soto betawi, lamongan, dll. Dan yang berbeda pasti dari segi penyajian, cita rasa, tekstur dan dari daerah asalnya kan guys.

Nah, Penasaran dengan kuliner kembar indonesia yang lainnya? Yuk simak artikel berikut ini!

1. Soto Dan Coto

soto dan Coto Kuliner Kembar Indonesia, Serupa Tapi Tak Sama

Kita bahas dulu ya kuliner kembar yang satu ini, kebanyakan orang memang mengira kalau dua masakan ini sama. Namun, kenyataannya keduanya cukup berbeda ya Guys! Dilihat dari kuahnya warna kuah soto lebih kekuningan dibandingkan dengan warna kuah coto yang terlihat lebih gelap dan keruh kekuningan.

Baca juga:  5 Tempat Burger Favorit Arek Malang yang Lagi Ngehits

Untuk penyajiannya pun berbeda, jika soto biasanya disajikan dengan nasi dan coto biasanya disajikan dengan ketupat atau pun lontong.

2. Pepes Dan Pesan Be Pasih

Pepes dan Pesan Be pasih Kuliner Kembar Indonesia, Serupa Tapi Tak Sama

Kuliner kembar yang satu ini cukup menggugah selera ya Guys!, enaknya dimakan pake nasi anget trus minumnya es teh manis deh dijamin maknyus. Sekilas sih terlihat sama ya, tapi sebenarnya mereka ini merupakan makanan yang berbeda loh!

Kita lihat dari asalnya jika Pepes berasal dari Jawa Barat sedangkan Pesan Be Pasih berasal dari Bali, trus cara memasaknya juga berbeda jika pepes cara masaknya dikukus sedangkan pesan be pasih dengan cara dipanggang.

Untuk bahan-bahannya juga berbeda loh Guys! Jika Pepes menggunakan ikan tawar, tempe atau tahu, bawang merah & putih, cabai, tomat dan daun kemangi untuk pengharum sedangkan Pesan Be Pasih menggunakan ikan cakalang, tuna atau mahi-mahi yang memiliki daging tebal, bawang merah & putih, cabai, tomat, terasi.

Baca juga:  5 Tempat Pizza Ala Italia di Kota Malang

3.  Kue Rangi Dan Kue Pancong

rangi dan pancong Kuliner Kembar Indonesia, Serupa Tapi Tak Sama

Yang suka dengan jajanan dari kelapa mana suaranya? Gak asing kan ya dengan jajanan yang satu ini, salah satu kuliner yang cukup banyak diminati terlebih lagi saat kita sekolah dulu.

Ternyata, jajanan tersebut memiliki dua nama berbeda loh Guys!, yaitu kue rangi dan kue pancong. Apa sih perbedaannya? Untuk asalnya sendiri kue rangi ini berasal dari Betawi Guys, sedangkan kue pancong berasal dari Jawa Barat.

Trus teksturnya sendiri kue rangi lebih kering berbeda dengan pancong yang lebih lembek dan biasanya kue rangi disajikan dengan saus gula merah yang diberi irisan nangka untuk campurannya, berbeda dengan Kue Pancong ditaburi gula halus.

Baca juga:  7 Rekomendasi Mie Pangsit Enak di Malang Raya

4. Kaladama Dan Tahu Gejrot

tahu gejrot dan kaladama Kuliner Kembar Indonesia, Serupa Tapi Tak Sama

Kaladama dan Tahu Gejrot, keduanya sama-sama irisan tahu goreng yang disiram dengan kuah asam pedas penggugah selera. Walaupun begitu kuliner kembar yang satu ini memiliki penyajian yang berbeda Guys!

Jika kaladama dilengkapi dengan irisan ketupat yang cukup tebal sedangkan tahu gejrot isinya hanya tahu saja. Oh ya gak hanya kembar ternyata kaladama dan tahu gejrot ini asalnya sama loh Guys! yakni dari Cirebon.

Nah dari pembahasan keempat kuliner kembar diatas, kamu sudah pernah makan yang mana aja nih Guys?

  • Bagikan