Makanan Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

  • Bagikan
Makanan Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi Makanan Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi
Foto: freepik

Menjaga kesehatan tulang sejak dini adalah sebuah keharusan agar kita tidak menyesal di masa tua nanti. Seiring bertambahnya usia, tulang akan kehilangan banyak jaringan yang membuatnya menjadi mudah rapuh dan keropos. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan osteoporosis.

Bagaimana cara menjaga kesehatan tulang ?

Beberapa orang bahkan berusaha mengkonsumsi segala jenis makanan atau minuman yang dipercaya mampu menguatkan tulang dan gigi. Kesehatan tulang bisa tetap terjaga asalkan kita memberinya asupan nutrisi yang dibutuhkan tulang yaitu kalsium dan vitamin D.

Baca juga:  10 Metode Atasi Bau Pada Mulut Saat Berpuasa

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk kesehatan tulang dan gigi

1. Ikan Salmon

Ikan salmon juga mengandung kalsium sehingga cocok bagi yang ingin mengonsumsi makanan yang sehat untuk tulang dan gigi. Tak hanya itu saja, ikan salmon juga kaya omega-3, protein, vitamin B, potasium, hingga selenium yang baik bagi kesehatan tubuh.

2. Kacang-kacangan

Seperti halnya biji-bijian, kacang-kacangan mengandung nutrisi penting untuk kekuatan tulang. Kacang almond, pistachios, dan biji bunga matahari mengandung kalsium yang bisa dijadikan pilihan. Kalium pada almond bagus untuk melindungi tubuh dari kekurangan kalsium.

3. Ceker ayam

Nutrisi terbaik untuk tulang sebenarnya ya berasal dari tulang juga. Ceker ayam mengandung hidroksiapatit, kalsium dan kolagen, yang secara alami menambah kekuatan tulang.

Baca juga:  Bunga Mawar Punya Manfaat Bagi Kesehatan dan Kecantikan loh

4. Brokoli

Selain lezat, brokoli ternyata termasuk sayuran yang mengandung kalsium. Tak hanya itu saja, brokoli juga mengandung vitamin K yang dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Brokoli pun mengandung vitamin C yang berfungsi membantu tubuh membentuk kolagen sehingga baik bagi kesehatan kulit. Mengonsumsi brokoli juga bisa melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya.

5. Telur

Telur mengandung vitamin D dan K yang membantu tubuh meningkatkan penyerapan kalsium. Selain itu, telur tinggi protein namun tidak menambah terlalu banyak kalori sehingga cocok bagi mereka yang ingin diet dan mengurangi berat badan secara sehat.

6. Wortel

Sayuran ini beta karoten alfa kriptoxantin dan beta karoten yang bagus untuk kesehatan tulang. Anda dapat memakannya mentah atau dijadikan salad.

Baca juga:  9 Jenis Makanan Ini Ternyata Paling Sulit Dicerna

Untuk sumber-sumber kalsium lainnya anda bisa melihat lebih banyak dalam artikel Makanan yang mengandung kalsium tinggi. Sementara untuk sumber vitamin D segera menyusul.

  • Bagikan