Manfaat, Khasiat dan Kandungan Gizi Buah Blewah

  • Bagikan
buah blewah 1 Manfaat, Khasiat dan Kandungan Gizi Buah Blewah

detaklifestyle, Health – Blewah (Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun.

Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.

Blewah biasanya dikonsumsi dengan cara dijadikan campuran minuman. Ada juga yang memanfaatkannya dengan cara dibuat kolak seperti labu. Namun, di balik daging buahnya yang menyegarkan, blewah ternyata menyimpan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan nutrisi yang terkandung pada buah ini sangatlah melimpah.

Kandungan Gizi Blewah

Blewah diketahui memiliki banyak kandungan gizi mineral dan vitamin serta serat makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Blewah mengandung kadar vitamin A yang tinggi, yaitu 3382 IU per 100 gram buah sehingga mampu mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A. Kandungan vitamin C juga cukup tinggi, yaitu 36,7 mg per 100 gram buah hingga mampu mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C.

Blewah juga kaya akan mineral kalium sebesar 267 mg per 100 gram buah (mencukupi 8% kebutuhan harian kalium). Selain itu blewah juga mengandung nutrisi folat sebanyak 21 mcg per 100 gram buah (mencukupi 5% kebutuhan harian akan folat).

Manfaat Blewah untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat blewah bagi kesehatan tubuh Anda :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A dan C dalam blewah bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan beta-karoten juga menjadi antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit.

2. Menyehatkan mata

Karena kandungan vitamin A yang tinggi, konsumsi blewah mampu menyehatkan indera penglihatan kita. Selain itu, vitamin A yang memiliki sifat antioksidan juga berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko terkena gangguan mata terkait penuaan.

3. Merawat kulit

Selain vitamin A, buah blewah juga kaya akan vitamin C yang dimanfaatkan tubuh untuk membantu proses produksi kolagen, mempercepat proses penyembuhan luka dan flu, mencegah penuaan dini, serta melindungi kulit dari radikal bebas.

4. Menjaga kesehatan gusi

Karena vitamin C yang tinggi, blewah berkhasiat menjaga kesehatan mulut dan gusi.

5. Menurunkan kolesterol

Tingginya vitamin C dalam blewah mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C juga bermanfaat mencegah pembekuan darah dan memperkuat dinding kapiler.

6. Melancarkan pencernaan

Konsumsi blewah juga membantu pencernaan dan menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A dan serat makanan dalam blewah.

7. Menurunkan tekanan darah

Bila Anda mempunyai riwayat penyakit hipertensi, disarankan mengonsumsi buah blewah secara rutin untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Blewah mengandung kalium yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh, dan memungkinkan otot-otot tubuh bisa berkontraksi dengan baik.

8. Rendah gula

Blewah ternyata juga memiliki indeks glikemik rendah (GI), fruktosa dan glukosa yang terdapat pada buah blewah adalah gula alami sederhana, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan obesitas. Blewah juga dapat mengurangi asam urat.

Pada saat bulan Ramadhan, blewah merupakan buah yang sangat sering ditemui. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi buah yang satu ini karena selain menyegarkan untuk berbuka puasa, blewah juga bermanfaat bagi kesehatan.

sumber: wikipedia, alodokter

Baca juga:  Berikut ini Manfaat dari Akar, Biji, Daun dan Buah Pepaya
  • Bagikan