Mau Jadi Idol Kpop? Simak Aturan 4 Agensi Terbesar Saat Trainee

  • Bagikan
Mau Jadi Idol Kpop Mau Jadi Idol Kpop? Simak Aturan 4 Agensi Terbesar Saat Trainee

Rahasia terbesar keberhasilan Idol KPop kalian mempesona dengan ketampanan, proporsi tubuh dan keterampilan mereka adalah pelatihan ketat selama bertahun-tahun. Jika kamu kepengen menjadi seorang Idol KPop kamu tidak hanya harus menyingkirkan ribuan orang dalam tahap seleksi, berikutnya saat diterima menjadi trainee sejumlah aturan dan tradisi ketat harus dijalani dari saat kamu terjaga hingga kembali terlelap.

Nah kira-kira kamu kepengen debut di agensi mana nih? yuk lihat dulu ya sejumlah aturan yang sejauh ini berhasil bocor ke publik pada artikel kita kali ini, aturan 4 agensi terbesar saat Trainee Idol KPop. 

1. Hybe Corporation

Soobin dan Yeonjun1 Mau Jadi Idol Kpop? Simak Aturan 4 Agensi Terbesar Saat Trainee

Big Hit Entertainment yang kini berganti nama menjadi Hybe, pertama-tama meminta agar setiap trainee nya menjaga kondisi tubuhnya untuk tetap sehat dan juga proporsional. Dalam sebuah wawancara Soobin dan Yeonjun Tomorrow X Together mengatakan menjaga tubuh hukumnya wajib selama trainee tidak hanya dengan berolahraga rutin mereka juga dilarang loh mengkonsumsi makanan-makanan tertentu termasuk juga nih membawa makanan masuk ke dalam gedung Hybe apa lagi makan di dalamnya.

Nah selain tidak boleh makan, aturan yang dibocorkan oleh Soobin dan Yeonjun yaitu para trainee juga Dilarang tidur dalam studio. Nah aturan berikutnya sebagaimana umumnya aturan agensi KPop adalah larangan berkencan, namun rupanya nih leader BTS yakni RM tidak setuju dengan aturan tersebut karena nih menurutnya dengan diberikan izin pacaran dirinya bisa lebih leluasa menuliskan lagu Cinta.

Adapun aturan terakhir yang sejauh ini terungkap adalah bahwa selama masa Trainee calon Idol dilarang memberikan spoiler ke publik tanpa izin dari perusahaan, hal ini bahkan berlaku ya saat mereka debut. Namun terkadang para Idol ataupun Trainee tanpa sengaja membocorkan spoiler mengenai lagu baru, debut dan hal yang lainnya. Taehyun Tomorrow X Together misalnya, nah saat masih Trainee nih ia tanpa sadar pernah memberikan spoiler mengenai posisinya sebagai vokalis.

2. JYP Entertainment

JYP E Mau Jadi Idol Kpop? Simak Aturan 4 Agensi Terbesar Saat Trainee

Agensi yang membina Twice ini memiliki sejumlah aturan tidak biasa dan cenderung unik, seperti misalnya nih para Trainee dilarang memasuki bar yang hanya memiliki pelayan wanita. Aturan ini bahkan berlaku untuk semua orang di JYP Entertainment bukan hanya Trainee, di Korea memang ada Bar yang khusus melayani pria dengan pelayan wanita saja.  Jika ada yang melanggar, apalagi seorang Trainee maka JYP tidak akan ragu nih untuk memecat seseorang jika mereka melanggar aturan ini.

“Saya memberitahu mereka, tidak masalah jika perusahaan gagal. Segera setelah anda menginjakkan satu kaki ke salah satu jeruji itu, bersiaplah untuk dipecat”, kata Park Jin-young.

Aturan bagi peserta pelatihan JYP berikutnya adalah menjalani diet dan diawasi secara ketat oleh perusahaan, nah sebagai konsekuensinya calon Trainee dilarang keras makan makanan tertentu seperti Jokbal, ini adalah hidangan tradisional kaki babi Korea yang direbus dengan kecap dan juga rempah-rempah.

Salah satu aturan yang cukup aneh berikutnya adalah tidak ada lagu KPop selama evaluasi bulanan, mantan member yang pernah menjadi Trainee di JYP Entertainment mengungkapkan hal tersebut. Ia mengatakan selama evaluasi bulanan Trainee tidak diizinkan menyanyikan lagu-lagu Korea. Aturan tidak kalah unik lainnya nih adalah apa yang disebut dengan metode menyanyi setengah udara setengah suara, ini adalah metode vokal khas Park Jin-young. Sebagian besar Trainee di agensi diajari menyanyi dengan gaya ini, karena Park Jin-young percaya bahwa itu menghasilkan suara yang lebih lembut dan juga bernafas.

Nah kebijakan terakhir adalah larangan berkencan, bahkan aturan ini masih berlaku setelah debut. Selama masa Trainee hingga 3 tahun pertama kali mereka, para Idol JYP diwanti-wanti tidak memiliki pacar sebab Park Jin-young percaya bahwa berpacaran ataupun berkencan bisa merusak masa depan mereka.

3. SM Entertainment

SM E Mau Jadi Idol Kpop? Simak Aturan 4 Agensi Terbesar Saat Trainee

Agensi terbesar dan telah memiliki pengalaman panjang mengorbitkan Idol juga memiliki sejumlah aturan ketat, seorang mantan Trainee mengungkapkan jika calon Idol tidak diperbolehkan menggunakan ponsel hingga malam tiba kecuali pada hari Minggu, Trainee juga tidak diizinkan keluar pada malam hari.

Aturan kedua setiap kali ada Trainee yang melakukan kesalahan mereka diharapkan menuliskan kesalahan yang mereka lakukan dan tidak diizinkan ke ruang latihan sampai sang Trainee mengakui kesalahan yang mereka lakukan, berikutnya para Trainee juga diharapkan untuk terus berlatih dan terus berlatih senin sampai sabtu selama lebih dari 12 jam sehari.

Dan yang terakhir selama masa Trainee calon Idol diwajibkan untuk selalu membungkuk jika bertemu dengan seniornya, Baekhyun EXO pernah menceritakan pengalamannya selama masa karantina ia mengungkapkan bahwa Trainee di perusahaan harus menyapa senior mereka dengan suara keras dan harus selalu membungkuk.

4. YG Entertainment

YG Mau Jadi Idol Kpop? Simak Aturan 4 Agensi Terbesar Saat Trainee

Hal paling pertama bagi seorang Trainee YG Entertainment ini adalah larangan kencan alias berpacaran. Nah ini menjadi aturan paling umum ya guys, sebab hubungan asmara bisa mengganggu kestabilan emosi Trainee jika diizinkan. Beberapa artis dari YG Entertainment telah berbagi mengenai hal ini, Bobby mengatakan tidak berkencan adalah bagian dari aturan sebagai peserta pelatihan. Jisoo Blackpink juga mengungkapkan peserta pelatihan pria dan wanita bahkan memiliki waktu makan yang berbeda sehingga mereka tidak bisa bertemu dan juga curi-curi pandang.

Aturan kedua adalah tidak melakukan traveling, tentu saja ya ini menjadi aturan umum bagi agensi manapun karena mereka harus fokus menempa diri sebagai calon Idol KPop. Kang Seungyoon Winner berbagi cerita, jika nih satu-satunya perjalanan yang pernah ia tempuh adalah kunjungan dari sekolah, Seungyoon sambil berkelakar mengatakan jika ia tidak pergi keluar negeri diwaktu pribadinya karena ia tidak mampu.

Nah larangan berikutnya adalah tidak pergi ke Club untuk ke clubbing alis ngedugem, Nah saat Blackpink menjadi bintang tamu di SBS party yang people’s party mereka bercerita pernah mengunjungi sebuah bar dan tampak bersemangat karena itu adalah pertama kalinya pergi ke Club. “Kami melanggar dua hal hari itu, minum dan clubbing”, kata Jenny.

Aturan berikutnya bagi Trainee YG adalah larangan membeli mobil atau mengemudi, Mino Winner mengungkapkan jika para peserta pelatihan ingin membeli mobil mereka harus mendapatkan persetujuan langsung dari perusahaan. Para Trainee juga dilarang melakukan operasi plastik dan juga memiliki tato, namun mereka bisa melakukan dua hal tersebut jika sudah dewasa atau memasuki usia legal.

Usia dewasa menurut peraturan Korea Selatan adalah 20 tahun yang secara umum membolehkan seorang pria dan wanita Korea untuk minum, itu berarti secara khusus YG Entertainment membolehkan idolanya melakukan operasi plastik telah berumur 20 tahun.

Dan yang terakhir nih dilarang minum dan juga merokok, dua hal tersebut adalah tabu dilakukan oleh peserta pelatihan YG Entertainment. Jisoo Blackpink mengatakan peserta pelatihan baru bisa didebutkan jika akhirnya mereka mentaati peraturan dari YG Entertainment.

Nah Young setelah melihat beberapa aturan dari empat agensi terbesar di industri KPop tadi. Apakah kamu merasa mampu untuk masuk asrama? Nah itu belum termasuk ya aturan lain yang belum terungkap, yang pasti nih untuk dapat lulus menjadi Trainee saja adalah pencapaian yang luar biasa ya bagi kamu. Hmm semangat ya menempa bakat lagi bagi kamu yang kepengen menjadi Idol KPop.

  • Bagikan