Melawan Malas Dengan Teknik Kaizen

  • Bagikan
Melawan Malas Dengan Teknik Kaizen Melawan Malas Dengan Teknik Kaizen

Pernah gak kamu sudah menentukan target mau mengerjakan sesuatu, tapi rasanya berat dan malas banget untuk memulainya? “Males,ah!”, “Lagi mager,nih..”, “Rebahan is my life!”. 

Terus yang mestinya dikerjakan hari ini, berubah jadi besok. Terus jadi lusa dan seterusnya, sampai akhirnya gak mulai-mulai juga.

Nah, ada satu teknik dari Jepang yang bisa kamu pakai untuk melawan rasa malas ini. Sejak kecil, anak-anak di Jepang sudah dibiasakan untuk menerapkan teknik ini. Makanya, etos kerja orang jepang terkenal tinggi dan sangat disiplin.

Teknik apa sih itu? Namanya adalah teknik Kaizen. Kai artinya berubah dan Zen artinya kebijaksanaan. Jadi, Kaizen berarti perubahan dalam hidup bisa dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan.

Baca juga:  5 Cara Melewatkan Weekend Yang Berpotensi Mendatangkan Duit

Memang kayak gimana tekniknya?

Prinsip 1 Menit: Mulai melakukan sesuatu hanya selama 1 menit saja. Dan dilakukan setiap hari, diwaktu yang sama dan tanpa adanya distraksi.

Contoh: Kamu ingin mulai belajar main piano. Nah, kamu bisa mulai belajar cukup 1 menit saja setiap jam 8 malam. Dan dalam 1 menit itu, kamu harus fokus.

Tapi, apa efektif gitu?

Efektif, donk! Jadi begini, cuma meluangkan 1 menit saja itu terlihat sangat simpel dan mudahkan? Gak perlu banyak tenaga untuk melakukannya dan jadi gak banyak tekanan. Ketika kamu berhasil menyelesaikan 1 tugas meskipun cuma sebentar, akan menimbulkan rasa puas karena adanya sense of progress.

Yang pada akhirnya, akan meningkatkan kepercayaan diri dan kamu jadi ketagihan untuk terus melakukannya. Kalau kamu sudah ketagihan dan konsisten, lama-kelamaan ini akan membentuk sebuah kebiasaan dan kamu melakukannya tanpa beban.

Baca juga:  5 Cara Jadikan Media Sosialmu Lebih Bermanfaat

Setelah kamu terbiasa melakukannya selama 1 menit, kamu bisa tambahkan waktunya jadi 3 menit, lalu 5 menit dan seterusnya secara bertahap.

Mencapai sesuatu yang besar itu dimulai dari melakukan serangkaian usaha-usaha kecil secara konsisten. Mau dicoba?

  • Bagikan