Perbedaan Antara Prequel Dan Sequel Dalam Sebuah Film

  • Bagikan
7 Rekomendasi Film Sambut Hari Kemerdekaan RI Perbedaan Antara Prequel Dan Sequel Dalam Sebuah Film

Jika kalian sering menonton sebuah film, pasti kalian sering melihat sebuah tulisan Film ini adalah prequel dari film sebelumnya atau Film ini adalah sequel dari film sebelumnya. Tapi, apakah kalian mengerti maksud dari 2 kata tersebut?

Emang buat apa sih? Yang pentingkan nonton Filmnya aja.

Ini penting banget loh, kalau kalian tidak mengerti dengan arti kedua kata tersebut. Bisa jadi kalian tidak mengerti dengan jalan dari cerita film tersebut. Hah masa iya sih?

Coba saja kalian nonton film Star Wars dari seri pertama sampai yang terakhir ini. Nontonnya sesuai urutan rilis serinya, dijamin kalian akan bingun dengan universe dan jalan ceritanya. Kok bisa gitu?

Baiklah biar kalian gak bingung mari kita sedikit membahas mengenai perbedaan antara Prequel dan Sequel dalam sebuah film:

Baca juga:  Film Pendek Keren Buatan Sineas Tanah Air

1. Sequel

sequel Perbedaan Antara Prequel Dan Sequel Dalam Sebuah Film

Sequel (Sekuel) yang merupakan kelanjutan kisah dari seri sebelumnya, biasanya Sequel ini digunakan untuk film yang tidak memiliki latar belakang atau plot hole bagaimana film terjadi. Maksudnya gimana tuh?

Misalnya seperti film Iron Man yang pertama, semua sudah dijelaskan secara rinci dan detail bagaimana Tony Stark bisa membuat kostum Iron Man pertama kali.

2. Prequel

prequel Perbedaan Antara Prequel Dan Sequel Dalam Sebuah Film

Prequel (Prekuel) yang menceritakan kejadian yang terjadi sebelum film pertamanya. Prequel ini digunakan untuk sebuah film yang memiliki universe yang luas. Karena biasanya seri sebelumnya akan memiliki plot hole tentang background/latar belakangnya.

Contoh filmnya misalnya: Film X-Men, pasti tahu dong? film tentang sekumpulan mutan yang memiliki ikon Wolverine. X-Men meluncurkan seri X-Men : First Class pada tahun 2011 yang menjelaskan asal mula bagaimana terciptanya sekolah untuk para mutant.

Baca juga:  Film Karya Anak bangsa Yang Mendunia

Sekarang kalian sudah ngerti kan perbedaan antara Sequel dan Prequel? Jadi Sequel atau Prequel apa saja nih yang jadi favorit kalian?

  • Bagikan