Sinopsis Pan’s Labyrinth (2006), Dongeng Kerajaan Bawah Tanah dan Monster Menyeramkan

  • Bagikan
Pans Labyrinth 2006 Sinopsis Pan's Labyrinth (2006), Dongeng Kerajaan Bawah Tanah dan Monster Menyeramkan

Sinopsis Pan’s Labyrinth

Berkisah tentang seorang gadis cilik bernama Ofelia yang konon merupakan titisan putri Moanna yang lari dari sebuah kerajaan antah berantah di dalam perut bumi.

Ofelia dan ibunya yang hamil tua pindah untuk tinggal bersama ayah tirinya, Capitán Vidal yang merupakan seorang pemimpin pasukan militer di garis depan melawan pasukan pemberontak.

Vidal merupakan sosok yang ditakuti anak buahnya, sadistik, ambisius dan kejam. Di tempat tinggal barunya, Ofelia kemudian dituntun oleh seekor peri masuk ke sebuah labirin hingga bertemu sosok makhluk aneh bernama Faun.

Faun memberikan tiga buah ujian pada Ofelia yang harus diselesaikannya sebelum bulan purnama agar sang gadis dapat kembali ke tempat asalnya. Tanpa disadari Ofelia, tiga hambatan yang dihadapinya ternyata berdampak besar pada kehidupan nyata.

Baca juga:  Sinopsis Space Sweepers (2021), Petualangan Pemulung Di Luar Angkasa

Review:

Berbeda dengan film fantasi lainnya, Pan’s Labyrinth ini merupakan film fantasi yang cukup kelam. Awalnya kita dibawa ke dunia dongeng yang seolah mengisyaratkan bahwa film ini adalah untuk anak-anak.

Namun adegan sadis yang diperlihatkan Vidal pada awal film membuang jauh-jauh isyarat tersebut. Tak hanya itu, makhluk fantasi dalam film ini juga terlihat seperti monster menakutkan.

Dari awal hingga klimaks Del Toro mampu menjaga keseimbangan serta ketegangan alur cerita dengan sempurna antara dunia Ofelia (mimpi) dan dunia Vidal (nyata).

Ofelia dan Vidal hidup di dunia yg saling berlawanan. Ofelia merupakan simbol cinta, kepolosan, kemurnian jiwa, mimpi, dan harapan yg dimiliki tiap manusia. Sementara Capitán Vidal merupakan simbol kebencian, ambisi berlebihan, ketamakan, serta sisi gelap yang dimiliki tiap manusia.

Baca juga:  Sinopsis King Arthur: Legend of the Sword (2017), Kisah Raja Arthur dan Pedang Excalibur

Semua yang dialami Ofelia adalah realitas baginya namun bagi kita segala hal yang terlihat bisa jadi cuma ilusi belaka, persis seperti apa yang kita lihat melalui mata Capitán Vidal, hanya kebencian semata.

Cinta memang hanya bisa tampak bagi orang yang mampu menemukannya; jika tidak seseorang akan selamanya terjebak dalam labirin yang ada pada dirinya.

Pan's Labyrinth
Pans Labyrinth 2006 Sinopsis Pan's Labyrinth (2006), Dongeng Kerajaan Bawah Tanah dan Monster Menyeramkan

Director: Guillermo del Toro

Date Created: 2006-10-11 16:14

Peringkat Editor:
8.2
  • Bagikan