Susu dan Manfaatnya Bagi Tubuh

  • Bagikan
susu Susu dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lifestyle, Health Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu merupakan awal dari perjalanan hidup kita semua. Mengapa demikian? Karena minum susu adalah hal pertama yang Anda lakukan ketika lahir. Sampai hari ini, Anda pun masih tetap dianjurkan untuk minum susu setiap hari.

Apakah Anda sering mengacuhkan anjuran untuk minum susu setiap hari? Alasan yang paling umum adalah Anda takut menjadi gemuk.

Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka Penelitian membuktikan, Minum susu justru membantu Anda mendapatkan tubuh langsing dan ideal. Selain itu, masih banyak alasan penting lain yang membuat Anda perlu minum susu setiap hari.

Simak Manfaat dari Susu bagi tubuh Anda berikut ini:

1. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium yang tinggi dalam susu dapat membantu Anda mencegah dan merawat osteoporosis

2. Mencegah Kerusakan Gigi

Minum susu akan mengurangi resiko kerusakan gigi, misalnya seperti gigi berlubang. Susu kaya akan kalsium dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan gigi yang sehat dan kuat.

3. Tidak Semua Susu Membuat Anda Gemuk

Baca juga:  Tips Olahraga Ringan Agar Kaki Anda Sehat

Jangan beranggapan dengan minum susu tubuh Anda akan cepat gemuk. Ada berbagai macam susu yang beredar di pasaran. Teliti membaca label kandungan nutrisi yang tertera pada kotak kemasan susu yang akan Anda beli. Bagi Anda yang takut gemuk tapi masih ingin mendapatkan vitamin dan mineral dari susu, Anda bisa memilih susu dengan kandungan gula dan lemak rendah.

4. Mencegah Kanker Usus

Kalsium pada susu sudah terbukti bisa menghambat perkembangan adenoma atau semacam tumor ganas yang biasa menimpa usus besar  “kolon” sehingga dapat mencegah terjadinya kanker usus.

5. Mempercepat Pertumbuhan

Susu penuh dengan nutrisi penting yang akan menunjang pertumbuhan tulang, gigi, kuku dan rambut yang baik. Jika Anda memiliki kebiasaan minum susu sejak dini, tentu akan sangat membantu Anda tumbuh tinggi dan kuat.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Susu bisa dijadikan sebagai minuman pembuka yang baik dengan semua kandungan nutrisi di dalamnya. Bagi Anda yang sering terlambat makan, Anda bisa mengawalinya dengan segelas susu hangat agar kesehatan pencernaan Anda tetap terjaga.

Anda Sulit Tidur? Minumlah Susu!

Minum segelas susu hangat sebelum tidur di malam hari ternyata bisa menenangkan kembali sistem saraf Anda. Selain itu dengan minum susu, otot-otot yang semula tegang akan kembali rileks, merangsang rasa kantuk, dan Anda pun akan tertidur pulas.

1. Mengganti Cairan yang Hilang

Baca juga:  Kenali Gejala Broken Heart Syndrome

Jagalah tubuh Anda dari dehidrasi dengan minum beberapa gelas susu setiap hari. Seperti halnya manfaat air putih pada tubuh Anda, susu juga berperan menggantikan cairan tubuh yang hilang sekaligus mensuplai vitamin dan mineral pada tubuh ketika Anda melakukan aktivitas tinggi.

2. Mengurangi Efek PMS (Pre Menstrual Syndrome)

Bagi Anda para wanita yang sering mengalami keluhan ketika siklus menstruasi akan datang, biasakan konsumsi makanan berkalsium tinggi, seperti susu. Karena kalsium memegang peranan penting dalam mengurangi efek PMS yang berlebihan.

Berdasarkan penelitian Dr. Jacobs, pakar kelenjar endokrin dari St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center, pemberian kalsium dalam jumlah 1000-1200 mg kepada 500 wanita secara acak, dapat mengurangi efek PMS hingga 48%. Hal ini menunjukan bahwa mengkonsumsi sumber kalsium, seperti susu, berguna untuk meringankan gejala PMS.

Komposisi Susu

Komposisi susu diantaranya terdiri atas air, bahan kering, lemak, bahan kering tanpa lemak, protein, dan laktosa. Setiap hewan memiliki komposisi susu yang berbeda-beda, baik antar hewan, antar jenis, maupun antar bangsa hewan. Susu sapi memiliki kadar lemak 3,1%, protein 2,8%, bahan kering 11,2%, bahan kering tanpa lemak 8,1%.

Sedangkan komposisi susu kambing terdiri atas kadar lemak 6,34%, protein 4,97%, bahan kering 15,32%, bahan kering tanpa lemak 8,97%. Berdasarkan hasil komposisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan kering, kadar lemak, dan protein susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi.

Kandungan omega-3 dalam susu sapi dapat ditingkatkan melalui pemberian pakan kaya omega-3 seperti campuran garam kering karboksilat Kombinasi selang pemerahan yang berbeda berpengaruh (P<0.05) terhadap produksi dan laju sekresi susu sapi perah.

Manfaat diatas hanya sebagian dari sederet manfaat penting lainnya dari mengkonsumsi susu. Apalagi yang Anda tunggu? Ayo minum susu sekarang juga!

  • Bagikan