Ternyata Inilah Penyebab Ibu Mudah Marah Kepada Anak

  • Bagikan
Ibu Mudah Marah Ternyata Inilah Penyebab Ibu Mudah Marah Kepada Anak

“Susah sekali menahan marah”. Banyak ibu mengeluh karena mudah sekali tersulut emosi ketika di rumah.

Pekerjaan rumah yang tidak habis-habis, si kecil yang belum bisa main sendiri, susah sekali disuruh makan, sedikit-sedikit menangis, kekhawatiran tentang pertumbuhannya, ditambah dengan kebosanan akut melakukan semua aktivitas yang monoton setiap hari menjadi penyulut amarah demi amarah sepanjang hari.

Sampai-sampai, ada kalanya Anda sendiri merasa lelah dengan kemarahan Anda. Tapi, Anda sendiri juga tak kunjung bisa mengontrolnya.

Ada banyak hal yang mempengaruhi kemarahan ibu. Ketika seorang ibu berpikir bahwa ia sedang marah, maka sebenarnya ia sedang mengalami berbagai perasaan yang sangat kompleks. Apa sajakah itu?

Baca juga:  Cara Melatih Anak Agar Bisa Lebih Sabar!!

1. Bosan

Anda mungkin rindu dengan aktifitas-aktifitas diluar yang menantang dan menyenangkan. Melakukan aktifitas yang hampir sama tiap hari tentunya membuat Anda menjadi jenuh.

2. Cemas

Kecemasan tentang kesehatan anak yang hobi pilih-pilih makan, kecemasan tentang anak yang tak kunjung bisa melakukan sesuatu di mana anak-anak seusianya sudah mampu melakukannya, atau bahkan kecemasan finansial bisa mengganggu stabilitas ibu dalam memanajemen emosi.

3. Dihakimi

Apabila terlalu sering mendapat penghakiman dari orang-orang di sekitar juga dapat mempengaruhi emosi ibu.

Baca juga:  Akibat Dari Sikap Orang Tua Yang Terlalu Over Protective Pada Anak

4. Kesepian

Ketika menjadi ibu, relasi kita dengan teman-teman di sekitar memang akan banyak berubah. Anda tidak lagi sebebas dulu, inilah yang membuat Anda kerap merasa kesepian.

5. Lelah

Menjadi seorang ibu memang menuntut Anda harus tetap selalu siap 24/7. Kurang istirahat tentunya akan membuat Anda menjadi lebih emosional.

6. Malu

Beberapa ibu merasa malu akibat tidak bisa lagi mengaktualisasikan dirinya setelah jadi ibu. Perasaan ini ternyata menyandera ibu untuk merasakan emosi yang positif.

7. Merasa Tidak Dicintai

Ketika tangki cinta ibu tidak terisi, tentunya akan sulit bagi ibu untuk memberikan cintanya kepada anak.

8. Merasa Kurang atau Bahkan Tidak Mendapat Apresiasi

Kurangnya apresiasi dari orang-orang terdekat seperti suami, teman, atau keluarga besar atas apa yang sudah Anda lakukan bisa memicu emosi negatif.

Baca juga:  Ini 9 Cara Membantu Anak Mengatasi Fobia

9. Sedih dan Kecewa

Dua emosi negatif ini sangat sering bermanifestasi pada kemarahan. Gabungan berbagai emosi inilah yang mudah menyulut kemarahan ibu.

Cobalah mengenali apa saja yang memicu kemarahan Anda dan segeralah penuhilah kebutuhan psikis Anda.

  • Bagikan