Tips Menu Makan Sahur yang Praktis dan Sehat

  • Bagikan
Menu Makan Sahur 1 Tips Menu Makan Sahur yang Praktis dan Sehat

detaklifestyle,– Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci yang sangat di tunggu- tunggu ialah bulan Ramadhan, umat Muslim telah menyambutnya dengan gembira akan kehadiran bulan penuh berkah itu. Dan pastinya, seluruh persiapan telah disiapkan dengan lahir ataupun batin untuk menjalani Ibadah sepanjang bulan Puasa. Karena, puasa tidak hanya menahan godaan dari lapar serta haus, Kita juga wajib menahan hawa nafsu dan amarah.

Satu perihal yang harus dicermati kala berpuasa ialah dikala sahur. Alasannya, makan sahur ialah kunci ketahanan badan kita sepanjang berpuasa.

Menu Makan Sahur yang Sehat

Sepanjang berpuasa, di siang hari umumnya badan cepat merasa lemas serta ngantuk sebab kekurangan cairan. Oleh sebab itu, supaya badan tidak merasa lemas sepanjang berpuasa maka harus diperhatikan menu sahur yang Kamu konsumsi. Biasakan untuk mengkonsumsi sayur- mayur serta buah fresh disaat sahur supaya penuhi kebutuhan cairan selama menjalani kegiatan di bulan puasa.

Baca juga:  Manfaat dan Kandungan Nutrisi di dalam Kacang Hijau

Ketika sahur, Kamu dianjurkan untuk makan sayur dalam bentuk masak, meski bukan berarti tidak boleh makan sayur- mayur mentah dalam bentuk lalapan. Dapat pula mengkonsumsi sayur yang ditumis, ataupun dibuat sayur kuah supaya lebih fresh. Untuk buah, Kamu bisa mengkonsumsi juice buah ketika sahur. Dapat pula dalam bentuk buah potong supaya lebih instan disaat memakannya.

Vitamin, mineral, serat serta air yang dihasilkan dari buah serta sayur yang disantap kala sahur bisa membuat badan senantiasa segar serta bebas dari kehilangan cairan tubuh sepanjang berpuasa. Sebaiknya, jauhi makanan berlemak besar semacam gorengan maupun makanan berkuah santan ketika makan sahur. Hidangan tipe ini akan membuat badan senantiasa merasa membutuhkan cairan sehingga Kamu akan merasa haus.

Supaya lebih mengasyikkan pada saat sahur, wajib dicermati variasi menu sahur yang disantap. Tidak wajib senantiasa memakai lauk kering. Penting juga untuk mencermati konsumsi nutrisi saat makan sahur supaya dapat menjalani puasa selama satu hari penuh.

Baca juga:  Resep Puding Kopi Luwak Coklat

Berikut merupakan variasi menu makan sahur yang sehat yang dapat Kamu siapkan ketika memasak:

1. Lauk kering

Buat persediaan sepanjang puasa, Kamu bisa membuat lauk kering dalam jumlah yang agak banyak. Jadi lauk kering ini dapat dikonsumsi selama beberapa hari serta tidak perlu repot lagi membuat lauk kering. Contoh lauk kering yang dapat dibuat antara lain tempe kering, kering kentang serta dendeng.

2. Nasi dengan lauk berkuah

Bila menginginkan lauk berkuah pada saat makan sahur, sebaiknya pilih yang ringan. Misalnya sop, pangsit rebus ataupun bakso. Kala puasa, sebaiknya jauhi dahulu masakan ikan berkuah semacam gurame asam manis, ikan bumbu kering ataupun masakan ikan lain. Masakan yang dibuat dari seafood cenderung berbau anyir serta tidak lezat disaat puasa. Tidak hanya lauk yang berkuah, Kamu juga dapat menyajikan sayur- mayur yang dimasak kuah ataupun ditumis. Sebaiknya memasak sayur pada saat akan sahur supaya lebih fresh serta rasanya masih lezat.

Baca juga:  Cara Membuat Nugget Tempe Ayam Wortel

3. Minuman

Minuman juga hal yang mesti dicermati dalam menu sahur Kamu. Sajikan minuman semacam susu hangat, Air putih hangat ataupun teh buat menemani santap sahur. Minuman hangat tidak hanya dapat menghangatkan lambung serta dapat dijadikan sumber tenaga.

4. Vitamin

Bagaikan stamina tambahan, Kamu bisa komsumsi multivitamin ataupun minum madu sehabis makan sahur. Metode ini efisien untuk menambah tenaga supaya bisa beraktifitas sepanjang seharian ketika puasa.

Buat mempersiapkan menu sahur yang sehat seperti di atas, Kamu bisa menyiapkannya semenjak malam hari sehabis Shalat tarawih ataupun saat sebelum tidur. Misalnya mempersiapkan bumbu masak yang siap pakai di kulkas maupun mensterilkan sayur- mayur terlebih dulu supaya tidak repot ketika masak menjelang sahur. Hal ini perlu dicoba karna waktu sahur bukanlah lama sehingga Kamu tidak akan telat sahur.

  • Bagikan