Traveler Harus Tahu, Destinasi Wisata Di Pulau Arborek Raja Ampat

  • Bagikan
arborek 1 Traveler Harus Tahu, Destinasi Wisata Di Pulau Arborek Raja Ampat

Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan dunia bawah laut yang menakjubkan, banyak pulau-pulau yang indah dan patut di kunjungi bagi sobat traveler yang salah satunya adalah Desa Wisata di Pulau Arborek.

Asal Muasal Pulau Arborek

Kata Arborek sendiri dalam bahasa masyarakat setempat berarti duri. Menurut warga kampung Arborek, ketika nenek moyang mereka yang berasal dari wilayah Biak memasuki pulau ini, kondisi permukaan pulau hampir rata tertutup dengan semak duri. Mereka pun akhirnya membersihkannya, membangun komunitas, dan bertahan hidup di pulau tersebut hingga saat ini menjadi sebuah desa wisata yang bernama Kampung Wisata Arborek.

Lokasi Wisata Pulau Arborek

Pulau Arborek Traveler Harus Tahu, Destinasi Wisata Di Pulau Arborek Raja Ampat

Untuk menuju ke Pulau Arborek sobat traveler harus melalui jalan laut, berawal dari pelabuhan Kota Sorong ke pelabuhan Waisai (ibukota Raja Ampat) berlanjut ke desa wisata Arborek.

Baca juga:  Pesona Pantai Goa Cemara Bantul

Perjalanan dari pelabuhan Waisai ke Desa Wisata Arborek kira-kira 1 hingga 2 jam, tergantung jenis kapal yang digunakan. Ada juga kapal tol laut, namun karena sering melakukan pemberhentian di pulau-pulau yang banyak tersebar di wilayah Raja Ampat, maka estimasi sampai di desa wisata Arborek adalah malam hari, jika berangkat setelah makan siang.

Traveler Harus Tahu, Keindahan di Pulau Arborek

Pulau Arborek sendiri untuk luas wilayahnya tidak terlalu besar yang pastinya tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk mengelilingi pulau ini.

Pulau Arborek sendiri terkenal dengan pantainya yang indah yang dibalut dengan hamparan pasir putih bersih dan halus terasa sangat lembut saat disapu dengan kaki. Sobat traveler juga dapat menyelam dan menyusuri keindahan bawah lautnya.

Baca juga:  10 Destinasi Wisata Pantai TerHits di Pulau Sulawesi

Selain itu, Masyarakat di kampung ini memiliki budaya yang luar biasa. Mulai dari tari-tarian tradisional, kerajinan anyaman khas Arborek yang sudah terkenal hingga mancanegara, hingga berbagai macam kuliner tradisional seperti papeda atau sinole yang dapat dinikmati langsung berikut proses pembuatannya.

Salah satu tarian penyambutan yang disiapkan untuk menyambut tamu tamu penting di Arborek Traveler Harus Tahu, Destinasi Wisata Di Pulau Arborek Raja Ampat

Untuk masalah tempat istirahat, gak usah khawatir di Kampung Wisata Arborek, Sobat traveler dapat memilih beberapa homestay yang tersedia. Oh ya jangan lupa Arborek juga terkenal akan kerajinan topi dan tas string loh! sehingga cocok dibawa sebagai oleh-oleh setelah anda berkunjung kesini.

Gimana Sobat traveler siap untuk destinasi wisata ke Pulau Arborek?

  • Bagikan